Wednesday, July 19, 2023

Inovasi Meningkatkan Image Pariwisata Lokal Melalui Perhelatan MXGP of Samota 2022 di Sumbawa

 
Oleh: Mahmud Husyairi

Dalam rangka memacu percepatan kemajuan dan kejayaan pariwisata di kabupaten Sumbawa di tahun 2022, maka perhelatan bergengsi berskala internasional pada tahun 2022 ini akan menjadi momentum terbaik, dan sekaligus menjadi kesempatan emas (golden oportunity) bagi pemerintah daerah kabupaten Sumbawa, dan seluruh pelaku usaha untuk melakukan inovasi

meningkatkan image pariwisata lokal di kabupaten Sumbawa. Perhelatan kejuaraan Dunia Motor Cross Grand Prix  (MXGP) of Samota ini akan dipusatkan  seputaran kawasan Jembatan Samota. Jembatan ini yang dijadikan sebagai icon MXGP of Samota, sebab jembatan ini sudah menjadi kebanggaan bagi Tau Samawa. Perhelatan yang sangat bergengsi akan dilaksanakan tanggal 24- 26 Juni 2022, di lokasi Rocket Motor Circuit di kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Dr. Zulkieflimansyah sebagai Gubernur Nusa Tenggara Barat  “mengatakan perhelatan Motor Cross Grand Prix (MXGP) di Samota memberikan banyak manfaat bagi daerah selain dikebutnya sejumlah pembangunan infrastruktur berstandar internasional juga menumbuhkan investasi dan ekonomi bagi masyarakat. Beliau juga menegaskan melalui perhelatan bergensi ini, kita  dipaksa untuk berinteraksi dengan keragaman dan hal-hal baru yang dengan sendirinya kita akan banyak belajar dan berubah”  ujar Gubernur.

Dengan kata lain, imbauan  Gubernur NTB tersebut dapat diinterpretasikan bahwa kita harus mampu melakukan inovasi untuk mengembangkan pariwisata lokal. Sehingga, perhatian masyarakat dunia bisa dialihkan kepada potensi pariwisata lokal yang terdapat di kawasan Teluk Saleh-Pulau Moyo-Tambora (SAMOTA).

Dikutip dari laman Nuansa NTB, “Wakil Bupati Sumbawa mengatakan bahwa terpilihnya Samota sebagai lokasi pagelaran MXGP merupakan kesempatan emas bagi kabupaten Sumbawa, karena itu masyarakat Sumbawa diharapkan harus optimis dan memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Wakil Bupati Sumbawa juga menegaskan, masyarakat Sumbawa harus memanfaatkan sosial media, ekspose semua hal positif tentang Sumbawa dan MXGP Samota agar mata dunia tertuju ke Sumbawa. Alihkan dunia ke SAMOTA dengan terus gencar mengekspose potensi yang ada” Ujar Wabup.

Pemilihan kawasan Samota sebagai tempat perhelatan MXGP sangat mendukung untuk memperkenalkan potensi lokal yang meliputi kawasan ini seperti; kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Tanjung Santong, Cagar Biosfer Samota (Teluk Saleh), dan kawasan wisata  konservasi Hiu Paus (while shark) di Labuhan Jambu.

Selanjutnya, potensi pariwisata lokal yang dapat langsung dirasakan oleh masyarakat, dan pengunjung pada perhelatan MXGP ini adalah produk lokal khas Sumbawa, seperti Madu Sumbawa, Susu Kuda Liar Sumbawa, Sepat, Singang, dan Masin Sumbawa. Oleh sebab itu, salah satu inovasi yang paling penting, dan menarik untuk meningkatkan Image Pariwisata Lokal Sumbawa perhelatan  MXGP bertajuk ‘Festival UMKM Lokal of MXGP Samota 2022’.

Penulis adalah, (Magister Manajemen Inovasi Universitas Teknologi Sumbawa)      


SHARE THIS

Author:

MARI MEMBANGUN KEBERSAMAAN, BERSAMA KITA BERJUANG

0 Please Share a Your Opinion.:

Diharap Memberi Komentar Yang Sopan & Santun
Terimakasih Atas Partisipasi Mengunjungi Web Kami

Hukum

Kesehatan

»

Serba Serbi