Saturday, May 25, 2024

Arti Emoji dan Jangan Salah Mengirim Emoji Keteman Chat


HarapanRakyat,  Arti Emoji

Pengguna aplikasi chatting (pesan singkat), tentu kerap menggunakan berbagai emoji.  Fitur emoji tersebut nampaknya bisa membantu kita mengekspresikan suatu perasaan kepada lawan bicara lewat chat

Karakteristik emoji itu sebenarnya menggambarkan atau mengekspresikan suatu keadaan apa yang sedang anda alami saat itu, Memberikan pesan suka, tidak suka, senang atau tidak senang.  Yang pasti Emoji cerminan emosi jiwa yang dialami saat itu.

Penggunaan Icon Media Sosial Cantik di Blog Website

Akan tetapi, tak jarang emoji-emoji dalam aplikasi chatting itu kerap disalahartikan dan tidak sesuai penempatang yang sesungguhnya, olehnya itu dengan Artikel ini kalian semua bisa lebih memahami makna Emoji yang sesungguhnya.  Jika kalian tahu dan hafal maknanya, kalian semua tak perlu lagi mencari digoogle arti Emoji tersebut ketika anda ingin memberikan Emoji kepada lawan Chat.

Berikut tulisan tentang Emoji ini akan kami suguhkan beberara seri agar semua Emoji yang telah beredar akan kami upyakan bisa termuat seluruhnya.

Arti Emoji Happy (Bahagia)

Arti emoji Line yang satu ini biasa digunakan untuk menggambarkan kegembiraan atau kebahagian. Karenanya, cocok kamu gunakan ketika sedang bahagia atau gembira.  Emoji ini berarti kamu sedang mengekspresikan rasa kebahagiaan. Jadi, kalau kamu sedang merasa bahagia, kamu bisa menggunakan emoji bahagia ini.

Arti Emoji Nervous (Gugup)

Intinya emoji yang satu ini sangat cocok kamu gunakan ketika menulis kalimat dengan nada gugup. Mungkin hal gugup ini bisa mengekspresikan rasa gugup kamu terhadap lawan chatting. Kalau lagi PDKT sama seseorang, sering-sering saja kasih emoji gugup ini. 

Arti Emoji Excited (Tertarik)

Jika diperhatikan, gambar emoji yang satu ini hampir sama dengan emoji gugup ya.  Perbedaannya hanya terletak pada mata yang terpejam.  Emoji Excited cocok digunakan ketika kamu antusias dalam melakukan suatu hal.  Seperti ketika ingin menonton film yang sudah kamu tunggu, atau ketika pertama kali jalan dengan seorang kenalan. Kalau kamu sedang chatting-an dan PDKT-an, terus kamu diajak sesuatu baik itu nonton, makan bareng dll, berikan saja jawabannya dengan emoji tertarik ini. Emoji ini berarti menunjukkan rasa tertarik.

Laughter Tears (Tertawa Sampai Menangis)

Dari penggambarannya saja sudah jelas kalau emoji ini sangat cocok digunakan ketika dalam momen-momen atau kejadian lucu yang membuat kamu tertawa terbahak-bahak.. Emoji ini merupakan emoji terbaik yang dapat kamu gunakan untuk momen-momen yang sangat menggembirakan. Emoji tertawa sambil menangis ini berarti ada satu hal yang sangat kocak.  Emoji Laughter Tears  juga merupakan emoji yang paling banyak digunakan di dunia.  Emoji ini banyak digunakan di WA, Line, hingga BBM.  Emoji ini cukup bebas untuk digunakan di situasi seperti apa saja, kecuali saat sedang membahas hal-hal serius ya.

Disappointed but Relieved Face ( Wajah Kecewa Tapi Lega )

Emoji ini bukan menunjukkan perasaan heran, tapi menunjukkan rasa kecewa dan akhirnya lega. Misalnya habis menghadapi masalah besar terus berhasil diselesaikan. Emoji Wajah Kecewa Tapi Lega sangat memungkinkan bagi kamu menggunakannya saat sesuatu telah terjadi atau perselisihan dengan teman atau siapa saja telah diselesaikan dengan baik secara tuntas

Sleepy Face (Wajah Mengantuk).

Emoji menunjukkan perasaan Lelah dengan bahasan yang berlangsung. Emoji ini menunjukkan bahwa saat ini kamu berada pada rasa mengantuk. Cocok kamu gunakan untuk menghargai sesorang yang menginsfirasikan jika saat kamu perlu beristirahat atau boleh juga memberikan isyarat jika kamu dalam keadaan lagi mengantuk.

Happy with smiling eyes (Senang/Bahagia dengan mata tersenyum)

Emoji yang satu ini mirip dengan emoji Happy, tapi dengan mata yang lebih lebar.  Mata yang lebih lebar terebut menggambarkan perasaan yang lebih bahagia. Tidak berbeda jauh dengan emoji bahagia. Namun, emoji bahagia dengan mata tersenyum ini lebih menunjukkan rasa bahagia yang lebih banyak. Emoji ini sangat cocok digunakan saat kamu sedang chat dan bercerita hal-hal yang menyenangkan. 

Big grin (Senyum Lebar/Tertawa Kecil)

Emoji Big grin cocok untuk menggambarkan ketika kamu ingin tertawa karena suatu kelucuan.  Misalnya di grup WhatsApp yang kamu ikuti ada salah satu teman yang bercerita hal-hal lucu, nah kamu bisa menggunakan emoji ini sebagai reaksinya. Saat sedang berada dalam situasi percakapan lucu namun tidak terlalu lucu, kamu bisa menggunakan emoji tertawa kecil ini untuk menunjukkan rasa tertawa kecil.  Untuk mengirimkan emoji ini bisa hanya menggunakan emoji, atau diikuti dengan sebuah kalimat komentar

Sweating with laughter (Tertawa sampai berkeringat)

Sweating with laughter hampir sama dengan Big grin.
Bedanya, terdapat gambar keringat di sisi kiri wajah. Gambaran Emoji ini adalah ketika anda pernah mengalami hal serupa yakni tertawa sampai berkeringat? Nah, emoji tertawa sampai berkeringat ini memberikan arti yang seperti itu.

Emoji yang satu ini bisa diartikan tertawa karena sesuatu yang sangat lucu, sehingga menyebabkan kamu berkeringat karena tertawa yang terbahak-bahak.

Laugh (Tertawa)

Emoji Laugh sangat cocok digunakan ketika kamu tertawa akan suatu hal, tapi tidak terlalu terbahak-bahak.  Mengekspresikan tertawa yang tidak berlebihan dan juga tidak terlalu memaksa, kamu gunakan emoji tertawa ini saja jika sedang tertawa seperti itu.  Semacam ketawa tipis-tipis.  Emoji yang satu ini biasanya sering dipakai oleh cewek-cewek yang kebetulan betah bercerita lucu di WhatsApp.

Angel (Malaikat)

Apakah di obrolan WhatsApp kamu baru saja memberi petuah atau nasehat positif?  Maka emoji Angel wajib kamu gunakan di akhir kalimat.  Emoji malaikat ini mengartikan kalau kamu mau berbuat baik, atau senang dengan lawan chatting kamu jika dia ingin berbuat baik  Intinya emoji yang satu ini cocok disertakan di akhir kalimat-kalimat motivasi, kata mutiara, dan sebagainya.

Wink/Flirt (Kedipan / Genit)

Emoji yang satu ini cocok kamu gunakan ketika sedang menggoda seseorang di WhatsApp ataupun aplikasi pesan instan lainnya. Emoji berkedip atau genit dimaksudkan untuk lawan chatting yang sudah lama kamu taksirsukai. Gunakan emoji ini untuk mengekspresikan rasa genit ke orang yang ada menginginkan lebih dekat dengnnya atau membalas isi hati anda..  Tapi dengan emoji ini, biasanya lawan chat akan tahu bahwa kamu hanya sedang menggodanya, tidak serius namun boleh jadi mengena.  Atau bisa juga dipakai ketika kamu menulis suatu kalimat yang didalam kalimat itu terdapat “pesan tersembunyi” yang mengartikan perasaan anda.  Dengan emoji ini, maka yang membaca chat akan lebih “Terkesan” dengan pesan tersembunyi tersebut.

Content smile (Tersenyum puas)

Emoji Content smile cocok kamu gunakan ketika seseorang memuji diri kamu, atau ketika kamu membaca sebuah tulisan yang menyentuh hati. Emoji tersenyum puas merupakan emoji yang mengekspresikan sesuatu yang sudah menyentuh hati. Senyum yang sempurna untuk menjawab rasa kesenangan secara rendah hati apa yang telah disampaikan melalu chat.  Senyuman yang sempurna, dengan rona merah di kedua pipi.  Emoji Content Smile juga masuk sebagai salah satu emoji yang paling banyak digunakan di dunia maya..
 

Smile (Tersenyum)

Emoji yang satu ini cocok digunakan untuk kamu yang tidak biasa tersenyum terlalu lebar.  Emoji ini dibuat mungkin untuk mewakili orang-orang kalem.  Pada saat kamu berada dalam situasi sedang berbicara serius, kamu dapat menggunakan emoji tersenyum. Ini lebih menunjukkan ekspresi senyum yang ramah dan tidak membosankan.

Inverted smile (Senyum Terbalik)

Senyum terbalik. Cocok digunakan ketika kamu menuliskan sebuah  kalimat sarkas. Tambahkan emoji ini di akhir kalimat, sehingga semakin menguatkan bahasa sarkas kamu. Emoji senyum terbalik dapat digunakan pada momen yang terjadi secara tiba-tiba atau kamu mendapatkan lelucon yang aneh dan menjadi pertanyaan bagi kamu.

Blush/Wajah Merah

Blush atau tersipu malu, emoji yang cocok kamu gunakan ketika sedang chatting bersama seseorang yang kamu sayang atau yang kamu simpatik / suka kepadanya, entah itu kenalan, ataupun pacar, ataupun orang yang baru anda ingin merebut hatinya.  Emoji Wajah Memerah dapat kamu gunakan untuk berbicara seseorang yang spesial di hidup kamu. ?


Goofy / Savoring delicious food (Bodoh/Menikmati Makanan Lesat)

Emoji melet yang satu ini sebenarnya lebih cocok digunakan ketika kamu bercerita sedang memakan makanan yang enak dan lezat.  Sudah tahu kan arti dari emoji wajah bodoh ini? Emoji ini berarti menunjukkan ekspresi kamu untuk percakapan yang membicarakan makanan enak.

In Love (Jatuh Cinta)

Gunakan emoji In Love ketika kamu senang atau tertarik dengan penampilan atau gaya seseorang. Atau ketika kamu merasa tertarik pada seseorang. Emoji bisa digunakan baik wanita maupun pria.  Yang pasti menunjukkan In Love kepada teman chatnya. Tapi ingat, jangan gunakan emoji ini secara berlebihan karena emoji ini melambangkan rasa cinta yang tergila-gila dan tentu akan memperlihatkan kamu jadi menakutkan. Dari nama emoji ini sudah pasti menggambarkan sesuatu yang  pasti sedang merasa jatuh cinta. Gunakan emoji jatuh cinta untuk menunjukkan sesuatu yang sangat kamu sukai

Blow a kiss (Memberi Ciuman)

Ingin memberikan ciuman kepada seseorang secara virtual? Emoji ini bisa mewakilinya. Tapi ingat, jangan gunakan emoji ini ke orang-orang yang belum terlalu kamu kenal. Kalau tidak, mereka akan menganggap kamu terlalu Lale. Emoji memberikan ciuman ini menunjukkan ekspresi rasa suka tanpa menimbulkan efek yang berlebihan. Emoji ini pun tidak terlalu membawa satu persoalan menjadi terlalu serius karena hanya menunjukkan rasa kasih atau suka terhadap lawan Chat.

Kiss / Duck face ( Cium/Muka Bebek)

Sebenarnya Emoji ini sama seperti ekspresi memberikan ciuman, namun emoji muka bebek ini lebih sering digunakan untuk para pemuda khususnya wanita yang suka ber-selfie ria. Banyak juga yang menganggapnya sebagai Kiss emoji tanpa tanda hati. Namun, banyak yang lebih setuju menyebutnya sebagai Duck face emoji atau emoji muka bebek.

Kiss / Whistle Mencium / Bersiul

Terlihat seperti emoji cium atau siul. Tapi bagaimanapun, kamu bisa menggunakannya sesuai dengan keinginan. Secara teknis.  Emoji bersiul ini mata bulatb hampir sama seperti emoji mencium. Namun, dapat juga diartikan sebagai bersiul karena kesenangan akibat menerima balasan yang menyenangkan dari sang lawan chat.

Kiss / Cium

Ini adalah emoji Kiss. Mungkin hal ini tak perlu dijelaskan lagi mengenai fungsinya untuk apa. Silahkan gunakan ketika chatting dengan orang-orang yang kamu kenal secara pribadi. Emoji cium ini biasanya diberikan ketika sedang merasa gemas terhadap lawan chatting kamu. Biasanya, saat sedang membicarakan sesuatu, tanpa ditanya kamu bisa secara langsung memberikam emoji ini.

Crazy (Gila)

Cocok digunakan ketika kamu mengetik sesuatu yang aneh, tidak masuk akal, atau lelucon garing. Jadi, orang-orang yang membacanya akan langsung paham bahwa apa yang kamu tulis hanyalah sebuah lelucon. Arti emoji gila memang dimaksudkan untuk mengekspresikan sesuatu yang perlu dipertanyakan atau aneh yang sifatnya tidak masuk akal atau memang hal gila. Emoji tersebut juga menggambarkan kalau kamu sedang mencoba menjadi sosok yang lucu.

Tongue-out laugh (Tertawa-Mengulurkan Lidah)

Teman kamu ada yang menuliskan chat sangat lucu dan konyol? Emoji ini bisa kamu gunakan untuk mewakili perasaan kamu ketika membaca chat tersebut.  Eemoji tertawa sambil mengeluarkan lidah juga memiliki arti yang serupa dengan emoji tertawa sambil menangis 

Cheeky (Muka Tebal)

Ingin meledek seseorang tapi tidak ingin menyakiti hatinya? Tambahkan emoji Cheeky diakhir kalimat agar ia tahu bahwa kamu hanya main-main. Emoji bermuka tebal ini juga dimaksudkan untuk situasi yang sedang membicarakan persoalan yang santai, tanpa menimbulkan efek yang berlebihann

Rich / Money (Kaya/Muka Duit)

Emoji kaya/muka Duit atau Uang dimaksudkan untuk pembicaraan mengenai uang dengan kondisi sedang lucu-lucuan. Atau, kamu juga bisa menggunakannya untuk mengekspresikan betapa senangnya kamu dengan uang.  Emoji baru yang bisa kamu gunakan ketika sedang chatting membahas uang. Emoji ini juga bisa kamu gunakan untuk mengungkapkan perasaan kamu ketika melihat banyak uang didepan mata atau menggambarkan infirasi menunjukkan bahwa orang yang dituju atau pribadi diri kaya/banyak uang.

Nerd (Kutu Buku)

Emoji Nerd  ini juga tergolong yang masih relatif baru. Gunakan emoji ini ketika kamu dan teman-teman sedang membahas suatu hal yang sangat kamu kuasai.Emoji kutu buku ini dimaksudkan untuk menyampaikan ekspresi bagi pemikiranmu yang dirasa tidak mungkin diterima oleh orang lain.


Cool (MukaDingin/Tenang) 

Tidak diragukan lagi, salah satu emoji kesukaan kita semua. Gunakan emoji ini untuk menunjukkan betapa kerennya kamu. Emoji sangat baik digunakan dalam percakapan yang mana melibatkan banyak orang, seperti di grup, maka kamu dapat menggunakan emoji muka tenang atau bahasa kerennya adalah Cool,  Digunakan untuk menyampaikan ekspresi yang menarik yang disampaikan oleh orang dalam suatu percakapan bersama

Hug ( Ingin Memeluk )

Terkadang ada orang yang salah mengartikannya sebagai emoji tepuk tangan. Padahal, emoji ini artinya ingin memeluk seseorang. Gunakan emoji ini ketika kamu gemes dan ingin memeluk seseorang. Mungkin sebagian dari kamu ada yang kurang mengerti arti dari emoji ini. Sebenarnya, emoji ini berarti menunjukkan bahwa kamu sedang mencari seseorang yang bisa memeluk kamu. 

Smirk (Senyum Licik)

Emoji yang bisa digunakan untuk mewakili perasaan kamu ketika mendapati sesuatu yang menurut kamu sangat tidak menarik, garing, atau meremehkan sesuatu. Emoji senyum licik ini berguna saat kamu sedang mengekspresikan sesuatu yang tidak kamu suka. Hal ini berupa sindiran untuk menunjukkan satu hal yang benar-benar tidak kamu hargai atau tak sepaham atas dikusi chat tersebut.

Blank (Hampa/No Coment)

Jika berada dalam posisi kamu yang lagi bingung untuk bicara apa? Gunakan emoji hampa ini. Sebab, emoji ini mengisyaratkan bahwa kamu tidak bisa menjawab apa pun saat dalam percakapan  Tidak tahu lagi apa yang ingin kamu katakan? Emoji Blank bisa mewakilinya, atau kamu mengisyratkan bisu tak mengeluarkan satu tanggapan pun.

Neutral (Netral) 

Emoji netral mengartikan bahwa kamu berada dalam posisi yang tidak tahu harus bahagia atau sedih dalam sebuah topik pembicaraan.  Emoji Neutral bisa kamu gunakan ketika tidak tahu harus sedih atau senang dengan suatu topik yang kamu ikuti dalam obrolan atuu boleh menggambarkan posisi kamu pada saat terjadi depat perselisihan dalam satu group.

Expressionless (Tanpa Ekspresi)

Cocok digunakan ketika kamu ingin mengatakan “I don’t care”.Emoji tanpa ekspresi ini menunjukkan seseorang kalau mereka merasa tidak peduli sama sekali apa yang sedang dilakukan dalam percakapan.

Amalan Jika Bermimpi Buruk

Not amused (Tidak Terhibur)

Teman kamu ada yang mencoba ngelawak tapi ternyata garing? Emoji ini bisa kamu gunakan untuk menunjukkan bahwa teman kamu tidak berhasil membuat kamu tertawa karena lawakannya garing.  Emoji muka datar menunjukkan bahwa ada sesuatu yang menurut kamu itu 'Tidak Menarik' seperti bercandaan yang tidak lucu atau pembicaraan yang tidak seru.  Emoji ini kadang juga disebut sebagai gambaran wajah datar atau muka datar.

Eye roll (Menggulung Mata)

Emoji ini sangat cocok digunakan ketika kamu tidak tertarik dengan topik obrolan. Baik obrolan pribadi ataupun obrolan dalam grup.  Emoji memutar mata dapat pula kamu andalkan untuk mengekspresikan sesuatu yang tidak menarik secara lebih sopan agar tidak membuat lawan obrolan merasa tersinggung.

Thinking ( Berpikir)

Emoji berpikir
 ini menunjukkan kalau kamu sedang berpikir, apakah hal yang dibicarakan itu baik atau buruk. Selain itu, emoji tersebut juga mengekspresikan suatu hal berupa ajakan. Emoji ini sangat cocok juga digunakan ketika kamu memikirkan apa yang teman kamu katakan, sebelum teman chat kamu mengeluarkan pendapat ( Berpikir Ya ? )

Stunned (tertegun/Terpukau)

Emoji ini cocok digunakan ketika kamu ingin mengatakan “aku ngga percaya apa yang kamu katakan”. Semacam tertegun gitu deh.  Di saat kamu sedang berantem sama yang terkasih, lalu kekasih kamu menyebutkan sesuatu yang tidak lazim atau tak pernah terdengar sebelumnya, kamu bisa menggunakan emoji terpukau ini. Emoji ini dapat diartikan seperti "aku tak percaya kamu berucap seperti yang baru saja kau katakan".

Sad (Muka Sedih)

Emoji ini dapat kamu gunakan ketika membaca kabar duka, atau hal-hal menyedihkan lainnya. Ketika sedang merasa gundah gulana, sedih, dan lain sebagainya, kamu bisa menggunakan emoji muka sedih ini untuk mengekspresikan hal tersebut.

Worried (Cemas/Khawatir)

Ketika kamu mendapatkan kabar buruk, emoji ini bisa mewakili perasaan kamu yang sedang cemas. Masih banyak juga yang belum mengerti apa arti dari emoji ini. Emoji muka khawatir sebenarnya menunjukkan ekspresi yang mengkhawatirkan saat kamu mendengar sesuatu berita yang kurang menyenangkan..

Angry (Marah)

Tidak perlu penjelasan panjang lebar. Gunakan emoji ini di akhir kalimat ketika kamu sedang marah akan sesuatu atau seseorang. Ketika kamu sedang merasa emosi, kamu bisa menggunakan emoji marah satu itu agar lawan bicara kamu tahu, kamu tidak suka dengan hal yang lagi dibicarakan



Mad / Grumpy ( Gila / Sangat Marah)

Emoji yang satu ini hampir sama seperti yang diatas. Hanya saja, amarahnya dua kali lebih sadis. Emoji sangat marah ini dapat diartikan kamu sedang dalam kondisi yang benar-benar marah, kesal, dan merasa ingin melakukan sesuatu untuk melampiaskan amarahmu, ibarat menandakan seakan ingin melempar, memukul atu lainnya. 


Frowned ( Mengerutkan Dahi )

Gambaran ini sangat cocok digunakan di akhir kalimat yang kamu tulis untuk menyatakan ketidak setujuan akan sesuatu. Emoji mengerutkan dahi ini menyampaikan  jikalau kamu dalam keadaan yang tidak enak terhadap sesuatu yang sedang dibicarakan, atau merasa terpaksa. 


Confused (bingung)

Disaat kamu suka galau dan bingung akan sesuatu? Pastikan emoji ini akan sering muncul disetiap kalimat yang kamu tulis. Di saat kamu sedang berada pada situasi percakapan yang membingungkan, kamu dapat menggunakan ekspresi dari emoji bingung ini agar lawan bicara tahu kamu sedang bahwa kamu lagi sedang merasa bingung.



Slightly sad ( Sedikit Bersedih)


Terjemahan emoji yang satu ini bisa digunakan untuk menunjukkan  sedikit ekspresi sedih. Dapat digunakan ketika kamu sedang chatting menceritakan kesedihan, atau semacamnya



Unhappy (Tidak Bahagia)

Sedang tidak bahagia? Kamu dapat menggunakan emoji tidak bahagia ini ketika mendengar sesuatu yang menyedihkan dan benar-benar mencengangkan.Ketika sedang berbincang di medsos tambahkanlah Emoji ini diakhir kata sehingga lawan chat kamu mengetahui bahwa untuk saat ini kamu dapat menunjukkan kalau kamu sedang tidak bahagia.


Tired Face/Wajah Lelah


Emoji yang menggambarkan rasa lelah.  Penggunaan Emoji ini bisa menginsfirasikan bahwa saat ini anda lagi lesuh atau lelah karena bekerja keseharian atau melaksanakan aktifitas rutin mungkin bagi kamu.


Face Screaming in Fear (Wajah Menjerit Takut)


Emoji yang menunjukkan rasa takut yang berlebihan, ini menunjukkan bahwa kamu teriak dalam ketakutan yang amat sangat. Inspirasi emoji ini datang dari lukisan terkenal “The Scream” yang dibuat oleh seniman Norwegia, Edvard Munch.


Open Hands Sign (Buka Tanda Tangan)

Emoji menunjukkan menerima sesuatu kesenangan untuk mendekap. Inspirasi Emoji ini digunakan untuk menggambarkan keinginanmu memeluk lawan bicara ataupun menawarkan pelukan.


Person With Folded Hands ( Orang Dengan Tangan Terlipat )

Emoji ini jangan disalah artikan sebagai emoji memohon maaf.
  Emoji ini menunjukkan salam atau terima kasih atas apa yang disampaikan oleh lawan bicara.  Gambaran terimakasih ini disesuaikan dari negara asal emojinya, yaitu jepang. Penggunaan alternatif umum untuk emoji ini adalah berdoa yang menyesuaikan doa ala jepang.  Sebenarnya untuk arti dari bentuk emoji tangan bertemu itu bisa diartikan beragam, tetapi budaya tangan bertemu seperti gambar diatas dasarnya adalah sebagai ekspresi meluapkan kesepakatan, dalam istilah Indonesianya sih seperti "tos", bukan menunjukkan ekspresi minta maaf, memberikan selamat atau hal lainnya yang berujung pada hal yang lebih sopan.
Disebut Juga
  • 🙏 High Five / Lima Tinggi
  • 🙏 Namaste / Namaste
  • 🙏 Please / Silahkan
  • 🙏 Prayer ? Berdoa
  • 🙏 Thank You / Terimakasih



Bersambung, Buka Halaman Berikutnya  Disini






SHARE THIS

Author:

MARI MEMBANGUN KEBERSAMAAN, BERSAMA KITA BERJUANG

0 Please Share a Your Opinion.:

Diharap Memberi Komentar Yang Sopan & Santun
Terimakasih Atas Partisipasi Mengunjungi Web Kami

Hukum

Kesehatan

»

Serba Serbi