Wednesday, August 23, 2023

HUT Polwan 75, Polrestabes Makassar Goes To Campus


Makassar, HR.ID
-Dalam rangka Hari Ulang Tahun Polwan ke 75 Polretabes Makassar lakukan giat di depan Mahasiswa yang berlangsung di lantai Dua Balroom Phinisi D Kampus UNM Jl. Andi Pangeran Pettarani Makassar yang terselenggara pada Rabu (23/8/2023) sekitar pukul 14.00 wita.

Kegiatan yang diberi nama Goes To Campus selain dihadiri  sekitasr 70 orang perwakilan dari Mahasiswa juga dihariri  5 orang perwakilan dari dosen UNM, 8 orang perwakilan dari Polda Sulsel, Perwakilan UPTD PPA Makassar 3 Orang, Selter warga 1 Orang dan Puspaga 1 orang serta 7 orang perwakilan dari Polres tabes Makassar.

Selain dihadiri yang tersebut diatas, turut pula dihadiri pula pemateri masing-masing Prof. Dr. Ir. Andi Muhammad Idkhan, ST., MT., IPM  (Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNM ), Kompol Religia Faradikta,S.i.k ( Kasubdit IV Renakta Polda Sulsel ) dan Kompol Sri Darwati Azis ( Wakasat IK Polrestabes Makassar )

Dalam sambutannya, Senior Polwan Kompol Sri Darwati Azis menyampaikan pemaparan terkait kekerasan terhadap wanita. Ia menyakan bahwa kekerasan terhadap perempuan masih sering terjadi namun semua bisa kita tangani dengan baik.

“Apabila rekan-rekan mahasiwa menemukan atau mendengar adanya kekerasan seksual segera laporan ke pihak kepolisian,” kata Sri Darwati, mengajak.

Ia juga berharap banyak kepada para Mahasiswa untuk turut berperan aktif dalam memerangi tindak kekerasan kepada kaum wanita. Ia menilai jika peran mahasiswa atau Mahasiswa sebagai alur dunia pendidikan bisa dimaksimalkan maka kekerasan terhadap wanita uatamanya kekerasan seksual bisa diminimalisasi. Demikian juga peran lainnya demi menciptakan toleransi dengan hadirnya emansipasi wanita yang baik, aman dan berkesinambungan, adanya kesetaraan Gender Equility, pemenuhan hak hak dan kewajiban dan berperan  produktif, reproduksi serta sosial kemasyarakatan.

Selanjutnya, pada  sambutan Prof. Dr. Ir. Andi Muhammad Idkhan, ST., MT., IPM  (Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNM ) menyatakan bahwa kasus kekerasan seksual tertinggi ada pada perguruan tinggi dan bagaimana semua itu kita bisa atasi dengan baik.

“Sampai saat ini dikampus UNM belum ada terjadi kekerasan seksul,” ungkapnya dengan senyum yang disambut dengan tepuk tangan para hadirin.

Prof Andi juga berharap antara pihak Kepolisian dan para Mahasiswa perlu ada kerja sama, saling mengontrol. Kata dia, “Perlu kita bekerjasama dalam memberantas kekerasan seksual dengan sering melakukan sosialisasi kepada Mahasiswa,”

Kasubdit IV Renakta Polda Sulsel, yang juga turut memberikan pemaparan menyampaikan dua inti permasalahan kekerasan seksual  yakni dengan mel;akukan pencegahan kekerasan seksual ditempat umum yakni dengan tegur langsung dan lapor ke pihak berwajib. Dan yang kedua adalah pencegahan kekerasan seksual dilingukungan pendidikan dengan menciptakan lingkungan yang aman bisa dikendalikan.

Usai 3 nara sumber menyampaikan pemaparannya, giat dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan peserta yang berlansung sekitar 30 menit.

Acara ditup dengan pembacaan doa yang sebelumnya dilakukan pemberian cendramata antara pihak Kampus UNM dan Polrestabes Makassar serta pemberian sovenir kepada para Mahasiswa.

 

Red: A.MsH

 


SHARE THIS

Author:

MARI MEMBANGUN KEBERSAMAAN, BERSAMA KITA BERJUANG

0 Please Share a Your Opinion.:

Diharap Memberi Komentar Yang Sopan & Santun
Terimakasih Atas Partisipasi Mengunjungi Web Kami

Hukum

Kesehatan

»

Serba Serbi