Monday, March 20, 2023

Polisi Ini Gemar Koleksi Benda Pusaka

Polewali Mandar - Polisi satu ini, punya hoby mengoleksi benda-benda pusaka nusantara, bahkan koleksi ada yang berasal dari luar negeri dan kini sudah mencapai ratusan buah.

"Sejak kecil saya sudah koleksi benda pusaka Nusantara, awalnya koleksi pandawa lima, sejak 1984 lalu," kata Kapolres Polewali Mandar (Polman), AKBP Agung Budi Leksono, ketika di temui diruang kerjanya. Sabtu (18/3/23).

AKBP Agung mengaku gemar mengoleksi ratusan benda pusaka nusantara, terutama keris. Koleksinya yang lain selain keris, ada tombak, karih, tombak trisula, pedang, piso gajah, badik tumbok, hingga keris tumbuk. Bahkan, AKBP Agung mengoleksi benda pusaka dari kerajaan-kerajaan zaman dahulu, seperti Singosari, Demak dan Prambanan.

Kapolres Polewali Mandar (Polman), AKBP Agung Budi Leksono mengatakan, awalnya gemar koleksi benda pusaka ketika mendapat titipan dari sesepuh di daerahnya. Benda pusaka berupa pandawa lima, yang ia rawat sejak kecil hingga sekarang ini.

Seiring waktu AKBP Agung pun mulai menyadari, mengoleksi benda pusaka sebagai salah satu langkah untuk melestarikan budaya Indonesia.

Lanjut Agung menuturkan, mengoleksi benda pusaka, seperti merawat dan melestarikan budaya peninggalan leluhur.

"Saya juga mendalami filosofi pusaka untuk pusat pengendalian diri, atau pegangan untuk berprinsip dalam hidup dan menjunjung derajat," kata AKBP Agung.

Apalagi, benda pusaka seperti keris saat ini telah diakui dunia dan telah diteliti sebagai pusaka Nusantara.

Saat ini, AKBP Agung telah mengoleksi ratusan benda pusaka Nusantara. Dia juga mengoleksi pusaka dari Bangkok Thailand.

"Pusaka paling top itu dari Jawa, saya punya dari era kerajaan Singosari dan Prambanan," ungkap AKBP Agung.

Agung bahkan memiliki benda pusaka dari prabu Siliwangi. Dikatakan pusaka akan mencari tuannya sendiri, setiap satu Muharram pusakanya akan dibersihkan. Dioleskan minyak wangi, tujuannya agar benda pusaka yang AKBP Agung miliki tidak berkarat.

Agung Budi Leksono., S.H., S.I.K., M.Pd., menjabat sebagai Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Polewali Mandar (Polman) sejak akhir tahun 2021 yang lalu.

Sebelumnya, AKBP Agung menjabat sebagai Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Barat (Sulbar).

Agung merupakan lulus akademi kepolisian (Akpol) tahun 2003. Mengawali karir dan pernah menjabat sebagai Kapolsek sebanyak lima kali di Polda Metro Jaya.

Desember 2019, Agung menginjakan kaki di Polda Sulawesi Barat (Sulbar), mendapat tugas Kasubdit V Siber Ditreskrimum.


(REDAKSI)


SHARE THIS

Author:

MARI MEMBANGUN KEBERSAMAAN, BERSAMA KITA BERJUANG

0 Please Share a Your Opinion.:

Diharap Memberi Komentar Yang Sopan & Santun
Terimakasih Atas Partisipasi Mengunjungi Web Kami

Hukum

Kesehatan

»

Serba Serbi