Friday, March 31, 2023

Ini Alasan FIFA Batalkan Indonesia dan Tunjuk Argentina Sebagai Gantinya

Jakarta, HR.ID - Argentina Tak lolos piala Dunia U20 namun tersiar bahwa FIFA tunjuk Agentina Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Sepak Bola U20 tahun 2023 dan ini kemungkinan besar Timnas Indonesia akan didiskualifikasi sebagai peserta.  Bukan mustahil, karena Timanas Indonesia lolos pila dunia U20 karena sebagai tuan rumah.

Sementara berita yang berkembang bahwa Alasan FIFA batalkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 banyak menggiring opini, bahwa pembatalan itu karena tragedi Kanjuruhan dan demo-demo penolakan timnas Israel.  Namun ternyata, alasan FIFA batalkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 karena Pemerintah Indonesia dinilai tak komitmen.

Hal lainnya, terkuak melalui Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali. Ia beberkan alasan kuat FIFA membatalkan penyelenggaran piala dunia tersebut saat diwawancarai tim tvOne, pada Kamis (30/3/2023). 

Zainuddin menjelaskan, FIFA itu memenangkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 karena adanya komitmen dan karena adanya juga government guarantee.  Ada jaminan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Nah itu yang dilihat FIFA (makanya Indonesia bisa menjadi tuan Rumah Piala Dunia U-20). FIFA itu sederhana melihatnya, sementara kita bisa tidak untuk memenuhi komitmen-komitmen itu?, sisi persiapan dan sisi teknis, hal itu sudah jalan. Bahkan ia sebutkan, inspeksi FIFA terakhir dari 21 sampai 27 melihat tentang stadion, FIFA sudah oke.

"Saya kira itu suatu yang kecil kemungkinannya, bisa ada hasilnya, karena apa? Karena FIFA ini adalah satu organisasi olahraga atau sepak bola yang tak mau diinterpensi, jika FIFA membuat keputusan, katanya, keputusan itu pula yang harus dijalankan. Hal serupa pernah dialami Indonesia pada tahun 2015, di mana Indonesia pada saat itu, ia katakan di banned FIFA.  "Akibatnya, kita tak bisa apa-apa, dan itu yang sederhananya," lanjutnya.

"Bahkan melihat persiapan kita dan dukungan kita itu semua uda oke. Secara teknis FIFA tidak ada masalah. Tetapi yang dilihat FIFA juga ada dinamika dan ada perkembangan akhir ini di Indonesia," katanya.  Makanya, ia katakan, di dalam rilis FIFA disebutkan seperti itu. "Drawing dibatalkan, itu sebagai indikasi kuat bahwa ini susah untuk diteruskan. Artinya apa? komitmen yang sudah kita berikan dan memberikan jaminan dengan berbagai hal, ternyata tak bisa jalan," katanya.

Hal inilah yang membuat FIFA memutuskan membatakan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Jadi, bukan karena alasan lain, FIFA membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. "Karena sekarang ini kan berkembang, batalnya ini karean Kenjuruhan dan hal-hal lain. Itu tidak! Bisa dibaca surat FIFA itu. Memang di surat itu ada Kanjuruhan, tetap itu hanya di mantion FIFA untuk membantu menyelesaikan transpormasi sepak bola Indonesia," Namun, ia beberkan, penyebab utama FIFA mencabut Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 karena melihat perkembangan akhir Indonesia ini, "Yang tadinya kita jamin, dan garansi ternyata, dilihat tidak bisa," jelasn dia.

Sebagaimana diketahui, awal tragedi batalnya Indonesia Jadi tuan rumah sepak bolah paling bergengsi sejagad ini, ketika Gubernur Bali, Iwayan Koster yang diikuti Gubernur Jawa tengah, Gandjar Pranowo menyatakan menolak Timnas Israil bertanding didaerahnya saat tim FiFA akan hadir di Bali untuk melakukan Drawing. Padahal sebelumnya, kedua Gubernur ini telah menandatangani kesepakatan dengan FIFA untuk menggunakan Stadion yang ada didaerahnya.

Oleh sebab itu, menjelang kedatangan tim FIFA, secara resmi pada hari Ahad, 26/3/2023 FIFA mengumumkan jika acara pengundian atau drawing Piala Dunia babak penyisihan Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar pada 31 Maret 2023 yang Lokasinya berada di Gedung Ksirarnawa Taman Werdhi Budaya Art Center resmi dibatalkan, namun dengan rasa kecewa, FIFA tetap dating ke Indonesia menggelar inspeksi ke Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar, Bali, Senin (27/03/2023) sore WIB.

Tercatat ada 18 perwakilan FIFA yang hadir dalam inspeksi. Jika ditotal ada lebih dari 40 orang yang datang termasuk dari PSSI dan INAFOC saat itu. 

Jika Argentina benar jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 maka mimpi Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia U-20 mentas di Piala Dunia U-20 2023 akan bena-benar sirna. Entah kapan lagi Indonesia bisa bertarung di Sepak Bola Piala Dunia ?

Sekadar diketahui, sebelumnya ada dua kandidat kuat yang akan menggantikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Kedua negara itu adalah Peru dan Argentina.

Akan tetapi, FIFA mulai mengerucutkan jadi satu nama. Adapun negara yang disebut bakal gantikan Indonesia adalah Argentina


Red (AMsH)

 


SHARE THIS

Author:

MARI MEMBANGUN KEBERSAMAAN, BERSAMA KITA BERJUANG

0 Please Share a Your Opinion.:

Diharap Memberi Komentar Yang Sopan & Santun
Terimakasih Atas Partisipasi Mengunjungi Web Kami

Hukum

Kesehatan

»

Serba Serbi