Monday, December 12, 2022

75% Pendukung Prabowo dan 10% Pendukung Jokowi Hadir Jumpai Anies


Makassar, HR,ID - 
75% yang hadir menjumpai Anies Baswedan saat sapari politik yang diselenggaran DPW Partai Nasdem Propinsi Sulawesi Selatan adalah pendukung Prabowo – Sandiaga dan sekitar 10 % lainnya adalah kader Partai Nasdem dan pendukung Jokowi – Ma’ruf pada pilpres tahun 2019 lalu, sementara 11% adalah pemilih pemula serta ada 4% responden tidak menjawab.

Hal ini disampaikan oleh Pimpinan Redaksi HR.ID, Andi Ms Hersandy. Ia mengatakan bahwa penilaian ini didapatkan setelah memberikan pertanyaan kepada para pendukung Anies Rasyid Baswedan di area acara yang terdiri dari tiga titik yakni di Triple C (CCC), Masjid Al-Markas, Makassar Sulawesi selatan serta Kampus UMI dimana Anies membawakan kuliah pakar di depan civitas akademika PPs UMI mengusung tema 'Penguatan Dunia Pendidikan dalam Merespon Fenomena Krisis Global untuk Indonesia Maju'. Sabtu, (10/12/2022).

“Ada sekitar 1.000 pendukung yang hadir kita tanyai, kata Andi

Andi menguraikan bahwa pertanyaan yang diajukan kepada mereka di kota Makassar hanya Fokus satu pertanyaan yaitu; “Siapa yang anda dukung dan pilih pada Pilpres 2019 ?” Terkait dengan adanya penyebutan Kader Nasdem dan pemilih Pemula, itu hanya pengakuan dari masing-masing yang bersangkutan.

‘Kita kan tahu, Partai Nasdem pendukung Jokowi – Ma’ruf pada Pilpres 2019, dan boleh jadi kader-kader mereka memilih pasangan nomor satu kala itu,” kata Andi.

Salah satu pendukung Prabowo yang diungkapkan Andi adalah Panglima Laskar Rajawali Selatan (RS-02),  Ir.Almukarram Rusli yang sering disapa dengan nama Alam, pada tahun 2019 bergabung dengan PAS (Prabowo-Sandi) di Sekretariat Bersama. Ia juga hadir bersama rekan2nya yang lain untuk menyemarakkan dan membuktikan jika mereka sudah beralih dukungan dari Prabowo ke Anies.

Foto: Ir. Almukarram Rusli / Alam. Panglima Laskar Rajawali Selatan (RS-02)

"Ini kan hanya simulasi, bukan rill, dan hanya pertanyaan biasa, bukan survey," jelas Andi

Selain itu, Andi mengatakan jika saat kedatangan Anies di Makassar ada tokoh sentral yang turut mendampingi beliau dimana tokoh itu adalah tokoh yang paling berpengaruh atas pemilih Jokowi-Ma’ruf di Makassar.  Disamping itu tokoh ini memenangkan Jokowi-Ma’ruf disalah satu Kabupaten yang jumlah pemilihnya nomor dua terbanyak di Sulawesi Selatan setelah Makassar.

“Andi Amran Sulaeman, itu hadir mendampingi Anies.  Dia itukan mantan Menteri Pertanian periode pertama Jokowi yang berpasangan Jusuf Kalla. Dan pada tahun 2019, saya tahu benar bagaimana pengorbanan beliau untuk memenangkan Jokowi-Ma’ruf utamanya di Kab. Bone. Namun dengan jasanya itu, Andi Amran justru disingkirkan dan tak lagi difungsikan dipemerintahan Jokowi – Ma’ruf,” jelas Andi.

Kata Andi, Andi Amran itu punya loyalitas yang biasa dia gerakkan, tahun 2019 ke Jokowi dan mungkin tahun 2024 mendatang akan beralih dukungan ke Anies Baswedan.

Andi Amran sebagai asli wija to Bone (Orang Bone), Pada Pilpres 2019 lalu, Kabupaten Bone menempatkan Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang memperoleh 238.686 suara sementara Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno hanya mendapatkan 189.390

Sementara rekapitulasi suara di Kota Makassar, Sulsel, suara Prabowo-Sandiaga Uno meraih suara terbanyak dibandingkan dengan suara Jokowi-Ma'ruf Amin.

Berdasarkan rapat pleno KPU Kota Makassar, pada Kamis (16/5/2019), tercatat jumlah DPT di kota Makassar 1.050.198 pemilih, dengan jumlah pengguna hak pilihnya 730.404.

Diketahui pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin meraih 43% (304.115) suara dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraih 57% (416.990 suara).

Kehadiran ARB (Anies Rasyd Baswedan) di Makassar diagendakan melakukan safari politik di sejumlah wilayah Sulsel sejak 10-11 Desember. Selain Makassar, Anies mengunjungi Maros dan Pangkep.

Di Makassar, Anies sempat mengisi kuliah umum di kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI) pada Sabtu (10/12/2022). Selain itu diskusi bersama akademisi, hingga menyampaikan pidato politik di gedung CCC dan meluangkan waktu Sholat Marib berjamaah di Masjid Al-Markas.

Anies mengapresiasi sambutan warga dan relawan di Makassar. Dia sendiri mengakui tidak menyangka mendapat sambutan dan apresiasi begitu besar atas kunjungannya.

"Saya merasakan gelora semangat yang luar biasa dari masyarakat Makassar. Bahkan saya menyaksikan deretan mobil-mobil yang jumlahnya lebih dari 100 mobil luar biasa. Ini bikin iri daerah lain, terima kasih buat seluruh relawan yang ada di sini," ungkap Anies

Anies Baswedan mengajak para relawannya menjaga stamina jelang Pilpres 2024. Anies mengisyaratkan jika masih ada 14 bulan lamanya untuk mempersiapkan diri menuju perubahan.

"Saya mengharap kepada semuanya jaga stamina. Perjalanan masih panjang, proses pemilihan masih panjang dari sekarang ada 14 bulan ini. Jaga stamina, stamina fisik, stamina mental, stamina intelektual, jaga itu semua," pesan Anies di gedung CCC Makassar, Sabtu siang (10/12/22).

Sebagaiman di ketahui,Sealin Anies yang telah menyapa Makassar, sebelumnya Ganjar Pranowo juga telah hadir di Makssar pada Agustus dan Oktober 2022 belum lama ini. Ganjar yang sekan-akan di dukung oleh Walikota Makaasar hadir dalam rangka deklarasi relawan Gandjar dan kuinjungan Lorong Wisata yang diprakarsai Walikota Makassar, Dany Pamanto.

Diketahui, Ganjar merupakan salah satu tokoh yang santer disebut sebagai bakal calon presiden 2024 mendatang menjadi rival Anises Baswedan.  Bahkan banyak pengamat yang menyebutkan jika keduanya akan bertarung Head to Head pada Pilpres 2024 mendatang.

Jika ditinjau dari antusias warga yang hadir saat mereka berkunjung keduanya di Makassar maka terlihat sangat jelas bagaimana antusias Masyarakat pendukung Anies lebih meriah dabandingkan dengan kehadiran pendukung Ganjar. Ada Puluhan ribu yang diperkirakan hadir bersama Anies semantara diperkirakan hanya ada sekitar ratusan Pendukung yang hadir saat Ganjar berkunjung ke Makassar. 


Red: (MHR)



SHARE THIS

Author:

MARI MEMBANGUN KEBERSAMAAN, BERSAMA KITA BERJUANG

0 Please Share a Your Opinion.:

Diharap Memberi Komentar Yang Sopan & Santun
Terimakasih Atas Partisipasi Mengunjungi Web Kami

Hukum

Kesehatan

»

Serba Serbi