Thursday, July 14, 2022

Penting Bagi Prajurit TNI, ini Kata Pandam III Siliwangi

Bandung, HR.ID - Pangdam III/ Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo  menekankan betapa pentingnya para prajurit bagaimana menjaga diri sendiri dan mengatasi tantangan alam tapi tidak melenceng dari tujuan operasi.

Hal itu ditegaskan Panglima saat kunjungan kerja  dan memberikan arahan di hadapan prajurit Yon Armed-5/105 Tarik/PG di Cipanas, Kabupaten Cianjur kemarin 13 Juli 2022.

Para prajurit dari Yon Armed-5 /105 Tarik/PG  itu sebagaimana penjelasan Kapendam III/Sil , akan diberangkatkan ke sektor wilayah Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur sebagai Satgas Pamtas RI -Malaysia.

Dalam kunjungan kerja tersebut Pangdam dengan serius  memeriksa alat kelengkapan utama yang akan dibawa ke daerah operasi setelah sebelumnya para prajurit itu telah mendapat pembekalan berupa latihan-latihan yang disimulasikan sama dengan medan operasi sebenarnya. 

Menariknya  di sini  Pangdam  juga mengecek  mesin penjernih air dan pompa Hidran air tanpa listrik yang akan dibawa Prajurit di  medan tugas guna membantu  masyarakat di medan operasi yang mengalami kesulitan air. Alat /mesin itu menurut Kapendam   merupakan hasil karya putra bangsa dari  SMK Subang yang secara teknis telah dipraktekkan penggunaannya.

Pangdam juga tidak bosan mengatakan kalau managamen operasi yang sudah didapat dalam pembekalan,   harus dilaksanakan di medan tugas.

"Jangan sampai ada inisiatif di luar yang telah disepakati di awal tugas sebelum pemberangkatan. Jika satu pos tidak komit dengan kesepakatan awal, maka pos itu tidak bermanfaat", pesan Pangdam wanti- wanti.

Selain itu, kata Pangdam, Komandan Pos  juga harus paham kondisi di lapangan terutama masyarakatnya. Masyarakat yang dihadapi sama tapi pola pikirnya sudah berubah karena isu. Jadi kondisi ini mempengaruhi juga terhadap konsep operasi.Di sini pentingnya peranan para komandan mulai dari Danpos sampai Danyon dalam menjalankan operasi.Kemandirian pos amat menentukan, oleh karena itu lengkapi dan rencanakan dulu di sini

Pangdam yang saat melakukan kunjungan kerja ke Batalyon  Armed-5 /105 Tarik /PG ke Cipanas ini didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Dam III /SIL dalam perjalanan pulang sempat menyambangi Koramil 0608/Cianjur.

Di sini Pangdam menyampaikan bahwa Kodam III/Sil akan mencoba menata lahan yang tidak produktif menjadi produktif mulai dari pesisir utara sampai selatan Jawa Barat dengan memberikan berbagai pelatihan kepada masyarakat.

Pada kesempatan ini di akhir kunkernya   Pangdam memberikan bantuan berupa 100 paket sembako yang diserahkan secara simbolis kepada 5 warga dan 5 Babinsa. (Siti Sundari/sumber Pendam III Siliwangi).

Red: (st.Dundari)


SHARE THIS

Author:

MARI MEMBANGUN KEBERSAMAAN, BERSAMA KITA BERJUANG

0 Please Share a Your Opinion.:

Diharap Memberi Komentar Yang Sopan & Santun
Terimakasih Atas Partisipasi Mengunjungi Web Kami

Hukum

Kesehatan

»

Serba Serbi