Saturday, January 23, 2021

Budidaya Ikan Tahap ke Tiga di Gampong Ladang, Aceh Barat Gagal Panen

HR.ID - Budidaya ikan tahap ketiga yang dilakukukan oleh masyarakat di Gampong Ladang Kecamatan sama Tiga Kabupaten Aceh Barat , dikabarkan gagal panen dan tidak sesuai hasil yang didapatkan pada tahap pertama dan kedua. Padahal jauh hari sebelumnya masyarakat setempat sangat berharap banyak terhadap keberhasilan Budidaya ikan ini pada tahap ke tiga.

Beberapa warga masyarakat Gampong Ladang hari sabtu (23/1/2021 pada Harapan Rakyat mengatakan budidaya ikan tahap ke tiga bibitnya banyak mati tidak berhasil panen ditahun 2021 ini ,sebelumnya semua dapat memperoleh penghasilan.

“Kami merasa kecewa, tentang bibit ikan yang disalurkan melalui dinas perikanan Kabupaten Aceh Barat,” ungkap, Adi salah seorang warga didusun monkulu Gampong Ladang Sabtu 23 Januari waktu setempat.

Selain Adi, seorang petani lainnya, Yusri is mantan keuchik Gampong Ladang juga menuturkan budidaya ikan dikolam yang dibangun beton yang berukuran 4 x 3 meter sebanyak 29 rumah atas bantuan anggaran Gampong di Gampong Ladang tahap pertama dan tahap kedua semua dapat memperoleh penghasilan panen dengan jenis ikan sangkuriang .

Menurut pengakuan Yusri budidaya ikan ditahap ke tiga ini dikatakan memang bibitnya kurang bagus, dan teknis-nya sekarang system baru dengan memakai pipa yang dibuatkan lubang kemudian dipompakan (didisi/dinaikkan) air menggunakan arus listrik, dan bisa ditanami sayuran seperti kangkung.

Bantuan masyarakat Gampong Ladang Kecamatan Sama Tiga Kabupaten Aceh Barat mendapat Bantuan kolam ikan yang dibangun dari beton ikuran 4×3 meter dari anggaran dana Gampong Tahun 2020.

Meski Budidaya ikan jenis sangkuriang tahap pertama dan kedua sudah dapat dipanen dengan baik akan tetapi tahap ke tiga dikatakan gagal panen oleh warga setempat.

Olehnya itu masyarakat berharap agar dinas terkait dalam hal ini dinas perikanan dan kelautan Kabupaten Aceh Barat menurunkan petugas lapangannya untuk memantau penyaluran bibit ikan ke Gampong Ladang dan memeriksa kolam serta teknis membudidayaan yang gagal panen tersebut agar selanjutnya ditahap-tahap berikutnya tak terjadi lagi.


Red: (MJ)


SHARE THIS

Author:

MARI MEMBANGUN KEBERSAMAAN, BERSAMA KITA BERJUANG

0 Please Share a Your Opinion.:

Diharap Memberi Komentar Yang Sopan & Santun
Terimakasih Atas Partisipasi Mengunjungi Web Kami

Hukum

Kesehatan

»

Serba Serbi