Tuesday, July 28, 2020

Warga Mengeluh Jalan Penghubung Kabupaten di Desa Rdogalih, Kec.Cikakak, Kab. Sukabumi Tak Layak Pakai



HR.ID - Infrastruktur merupakan prasarana public yang paling mendasar guna mendukung kegiatan ekonomi suatu wilayah. Ketersediaan infrastruktur sangat menentukan tingkat efisiensi dan efektivitas kegiatan ekonomi.

Mengingat vitalnya infrastruktur bagi pembangunan ekonomi, maka pembangunan infrastruktur menjadi kewajiban pemerintah sepenuhnya.

Dalam meningkatkan upaya pembangunan infrastruktur menjadikan kebutuhan dasar warga masyarakat, seperti jalan kabupaten, yang berlokasi di desa Rdogalih, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi  yang menjadi keluhan warga karna jalan tersebut sangat ruksak dan sudah selayaknya di renovasi. 

Dari keterangan warga bernama Supriadi dan Jono pada 26/07/2020 saat melakukan giat Kerja bakti bergotong royong, bahwa mereka berharap pihak pemerintah turun tangan mengatasi hal itu. Mereka berdua mengaku berdomisili di kampung Ciranji desa Ridogalih.

“Kami berharap pemerintah peduli untuk  perbaikan jalan  karna setiap harinya jalan tersebut di gunakan biar terasa nyaman baik dilalui kendaraan roda dua (motor) maupun  roda Empat (mobil),” harapnya

Menurutnya, saat ini mereka merasa tidak nyaman dengan kondidi jalan tersebut.  Kondisinya sangat rusak parah.  Setiap warga yang melintas juga akan mengeluh.

Sementara itu tempat yang sama HR.ID meminta keterangan dan tanggapan Kepala Desa, Ridogalih, Desi yang kebetulan berada dilokasi gotong royang dalam perbaikan parit atau  Drainase yang ada disekitar wilayah Desa, mengatakan jika permohonan warga itu perlu dipahami. 


Kades sendiri mengaku memohon kie pemerintah  agar pemerintah terkait agar segera memperbaiki jalan yang rusak.

“Kami berharap pemerintah membenahi jalan sepanjang kurang lebih 10 kilo meter itu,” katanya

Kades juga menerangkan jika untuk perbaikan pembangunan jalan tersebut sudah di dibahas di Musdus, Musdes dan juga Musrenbang kecamatan, namun hingga kini belum ada realisasi dari pemerintah.

“Jalan itu kan jalan kebutuhan untuk memujudkan kemajuan sarana ekonomi, pendidikan, pertanian, dan lainnya,” katanya lagi

Senada dengan  Kades, Pengurus Badan Permusawatan Desa (BPD), Maman lukman  menjelaskan jika jalan yang menjadi penghubung antar desa tersebut banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Banyak dimanfaatkan oleh warga, khususnya warga desa kami juga dari luar daerah.  Ini dimanfaatkan mulai dari anak sekolah, pedagan,  petani  yang ingin pergi ke lahan perkebunan mereka itu sangat berarti untuknya,” jelasnya

Ia berharap pemerintah  akan segera membenahi jalan tersebut sebagi skala prioritas, apalagi kata dia, pengaduan warga sudash sering kali dan itu perlu dimakslumi.

“Tujuan masarakat itu kan baik, warga juga sudah berharap agar jalan kabupaten yang ada desa kami ini segara diperbaki dan dibangun.  itu yang kami harapkan. Semoga pemerintah secepatnya mengabulkan permohonan kami,” pungkas dia.

Red (Regis F & M. Jeri)


SHARE THIS

Author:

MARI MEMBANGUN KEBERSAMAAN, BERSAMA KITA BERJUANG

0 Please Share a Your Opinion.:

Diharap Memberi Komentar Yang Sopan & Santun
Terimakasih Atas Partisipasi Mengunjungi Web Kami

Hukum

Kesehatan

»

Serba Serbi