Saturday, July 25, 2020

Sempat Bertemu Jokowi di Istana, Wakil Wali Kota Solo Dinyatakan Positif Corona



HR.ID - Wakil walikota Solo, Jawa tengah, Achmad Purnomo posif mengidap covid-19, padahal seminggu sebelumnya purnomo sempat menemui presiden Joko Widodo di istana Negara.

Pertemuan keduanya dikaitkan dengan Isu soal tawaran jabatan Presiden Jokowi sebagai timbal balik karena putra sulung jokowi, Gibran Rakabuming Raka mendapat rekomendasi PDIP di Pilwakot Solo 2020 menggantikan Purnomo.

Terkait dengan hal itui, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memberikan pernyataan tentang kondisi kesehatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo positif terjangkit virus corona  penyebab penyakit Covid-19.

Pernyataan Heru disampaikan kepada media pada hari Jumat (24/7/2020) bahwa Bapak Presiden setiap terima tamu selalu menerapkan protokol kesehatan. Setiap tamu masuk Istana harus rapid tes. Bapak Presiden dan perangkat secara rutin melakukan swab test.

Sesuai hasil yang Khusus tentang kondisi kesehatan yang menimpa Purnomo, Ia menegaskan bahwa Presiden Jokowi akan segera melakukan tes swab lebih cepat dari biasanya. Namun sejauh ini, kondisi kepala negara masih sehat.

Heru mengaku optimistis lingkungan Istana Kepresidenan tetap steril kendati ada salah satu tamu yang teridentifikasi positif terjangkit Covid-19.

"Contoh saja, saya baru kemarin swab dan hasilnya negatif dan saya sering dan tiap hari berinteraksi dengan presiden," katanya, yang dikutip dari media lokal suarajawatengah.id

Heru menjelaskan tes swab pertama dilakukan Jumat (17/7/2020) atau sehari setelah bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Jakarta. Purnomo bertemu Jokowi menjelang pengumuman PDIP mengusung putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, sebagai bakal calon Wali Kota di Pilwalkot Solo 2020.

Purnomo dilaporkan positif terjangkit Covid-19 dan hal itu dibenarkan oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19). Dia positif usai dua kali tes swab PCR tak lama setelah bertemu Presiden Joko Widodo di Jakarta, Kamis (16/7/20) lalu.

Rudi menjelaskan ke media CNN bahwa hasil yang pertama (swab test) memang masih abu-abu antara positif dan negative, tapi hasil tes kedua positif.

Walikota solo dua periode ini menghimbau agar pejabat dan pegawai pemerintah yang pernah kontak dengan Purnomo tidak panik. Pemerintah Kota Solo tengah melakukan contact tracing dengan mendata orang-orang yang pernah kontak langsung dengan Purnomo untuk menjalani swab test.  Untuk dirinya, ia mengaku akan menjalani jadwal tes swab, Sabtu (25/7/2020) hari ini.

Rudi juga memaparkan kalau dirinya pada rapat virtual dengan camat dan lurah se-Solo ia duduk bersebelahan dengan Pak Purnomo.

Wakil waslikota juga dikabarkan sempat mengikuti rapat Paripurna di DPRD Kota Solo.  Sebagai antisipasi, seluruh orang yang pernah kontak dengan Purnomo, semuanya akan dilakukan tes Sweb PCR   

Sementara hingga berita ini kami publikasikan, purnomo dikabarkan tengah melakukan Isolasi Mandiri 

Red: HR.ID



SHARE THIS

Author:

MARI MEMBANGUN KEBERSAMAAN, BERSAMA KITA BERJUANG

0 Please Share a Your Opinion.:

Diharap Memberi Komentar Yang Sopan & Santun
Terimakasih Atas Partisipasi Mengunjungi Web Kami

Hukum

Kesehatan

»

Serba Serbi