Thursday, June 11, 2020

Viral: WNI Lari Ke Amerika Serikat Karena Merasa Mendapat Diskriminasi di Indonesia ?


HR.Id - Orasi Oscar Suryadi di Portland Amerika Serikat  kamis lalu mengundang sejuta tanya, dan akankah menyakiti hati bangsa Indonesia ?  Sebagai warga pribumi (istilah lalu ‘WNI non Keturunan) tentu akan merasa tersinggung dan perbuatan itu adalah perbuatan pengkhianat bangsa dan biadab.

Dalam pidatonya di tengah aksi protes terhadap kematian Goerge Floyd di Amerika yang dilakukan di Pioneer Square, Portland, Oregon,  Oscar Suryadi mendapatkan sambutan positif dari warga karena orasi dan doanya soal keadilan bagi seluruh manusia.  Dan ada yang menyakitkan karena dalam aksinya tersebut, dia menyinggung soal diskriminasi di Indonesia.


Dalam video yang bredar di youtube dan beberapa medsos,  Oscar Suryadi berorasi dalam bahasa Inggeris yang kurang Fasih,  dia bilang “ I came to the US not for this ........I was born in Indonesia and I know what it’s does it mean by prejudism and discrimination. I thought I flee away from Indonesian and I came here and , I can breathe freedom .. (Kra-kira terjemahannya seperti ini: Aku datang ke AS bukan untuk ini.......Saya lahir di Indonesia dan saya tahu apa itu artinya dengan prejudisme dan diskriminasi. Saya pikir saya melarakan diri dari  bangsa Indonesia hngga  saya datang ke sini dan saya bisa menghrup kebebasan..

Hal ini membuat kecaman public di berbagai media sosial, terlebih lagi Oscar Suryadi adalah adik Yulius Suryadi pemilik PT Agung Podomoro yang merupakan Pengusaha Developmen terbesar di seluruh Indonesia dan salah satu pemegang tender Proyek Reklamasi di Jakarta)

Pada postingan di Twiter atas nama akun Ridwan S.@RidwanS38612261 menuliskan “Penghianat Bangsa Indonesia yang anaknya Pengusaha Raklamasi di DKI sedang Promo  Sekarang di amerika ! Merusak Nama Indonesia dan mengaku sebagai orang minoritas yg teraniaya.bukan sebagai Perampok tanah Pribumi,”

Tweet ini sejak diposting tanggal 9 Juni 2020 sudah disukai lebih dari 2.700 netyzen dan di retweet lebih dari 2.200 dengan berbagai tanggapan kecaman atas perlakuan Oscar Suryadi yang dikenal juga sebagai seorang pendeta.

Salah satu akun yang bernama Liberty115 @Rooster78B 1j Membalas @RidwanS38612261 “Mengatakan “Mereka inilah para ‘Rampok teriak Maling’ NKRI harga mati hanya kedok untuk mencari simpati tapi sesungguhnya jiwa mereka adalah pengkhianat bagi negeri ini....!!!!”

Selanjutnya, Roemah Sehat Madani @MadaniSehat 15j
Generasinya tak pernah mengakui sebagai bangsa Indonesia walau ybs lahir, besar, usaha dan makan bahkan berak di negeri kita, mereka hanya mengakui negara nenek moyangnya, hanya sedikit yg berjiwa nasionalis sisanya cuma basa basi,”

Akun Iskandar_afandi @IskandarAfandi 56mnt
Membalas @RidwanS38612261 “Pertanyaan yg dilontarkan bukan aneh klo ga ketangkep.. tetapi.. mau atau tidak menangkapnya.. berani atau tidak.. secara siapa yg ga tau raksasa itu.. semoga tergugah hati para pejabat negara dengan amanat dan tgg jawab yg diembanya,”.

JS. Solliman @JsSolliman 10j
Membalas @RidwanS38612261 “Aneh Dan Lucu Bila Minoritas Teraniaya, Kenapa Mereka Hidup Kaya Di Indonesia?  Klo Ada Yang Percaya Kaum Minoritas [ Tonghoa ] Itu Di Aniaya, Mereka Adalah Dungu Natura.”

Aaliya @AdirQaqa 13j
Membalas @RidwanS38612261 dan  @msaid_didu
“Tangkap segera, ingat hanya di Indonesia minoritas bisa leluasa bergerak, apakah di negara lain minoritas bs bergerak bebas ( misalnya Amerika, Jerman, Australia, dll,)....buktikan kalau ada!!! “

NRNDRA @Soehardjo_D 9j
Membalas @RidwanS38612261 “Kapasitas intelektual berpikirnya lemah dan sempit.. untuk bisa menarik simpatik masa, dia berusaha menonjolkan dirinya dengan menyalahkan keadaan di sekitarnya.. agar seolah2 dia punya sama rasa dg simpatisan.”

Andy Pratama @AndyPra56444754 17j
Membalas @RidwanS38612261 “Kadang2 kita sbgai warga negara Idialisme sangat kurang, Rakyat kecil teraniaya, Keadaan bkn lbh baik, Korupsi gk selesai2, Koruptor Disetiap Lini. Mencari Pemimpin Hebat di NKRI Sangatlah sulit. Klu toh ada bwrbenturan dgn kepentingan Partai. Kyk Benang kusyut. NKRI Dilecehkan.”

Dikutif dari salah satu kirman postingan WAG, berikut sebagIan Isi pidatonya :
.... not whole (the beginning is unclear).......

I came to the US not for this ...........

I was born in Indonesia and I know what it’s does it mean by prejudism and discrimination. I thought I flee away from Indonesian and I came here and I

I can breathe freedom ....... but I looked at right couple days ago and since last week, my heart is melted... justice will be served..we are all here because this is a devine appointment.. audience clapped... this is devine appointment, all men can do this... I believe God make this in such a time like this... our voice has been heard.. our voice has not just been heard in Portland not just only in America.. heavenly it's hearing us, I wanna read the only things that I know, I am just a man.. that not not I don't know anything, like you all... look at my english is broken, .... audience said i love it man 2x...but I am here for you..eventhough I cannot speak, but my heart is for you, my spirit is for you... we shall overcome..bible says love is patient and kind, love does not envy, or both.. it is not arrogant or rude, it does not insist on its own way

(…………….bla bla bla bla……………...."he quoted bible and then prayed" )



Sementara itu, Imam Syamsi ali  seorang Aktivis Imam & Antaragama, (Imam Masjid di Newyork berkebangsaan Indonesia) dan Presiden Yayasan Nusantara & MFA, Direktur JMC, serta penulis buku "Sons of Abaram” memberikan tanggapan soal orasi  yang dilakukan Oscar Suryadi dengan berbahasa Inggeris.tersebut.

“Kalau ketemu pendeta itu kasih tahu bisa komunikasi dengan saya. Sudah lama di Amerika, tapi suruh perbaiki bahasa Inggrisnya. Kata “my heart is melted” itu berarti jatuh hati atau Senang ? Masa melihat peristiwa kekerasan ke warga Afro hatinya “melted”? Harusnya ‘bleeding’, katanya

Lebh lanjut Imam menuliskan bahwa, Untuk anda yg mungkin tdk paham Inggris. Ini kata-kata Oscar yg menghina Indonesia.......I came to the United States not for this. I was born in Indonesia. And I know what does it mean prejudism and discrimination. I thought I flee away and I come here and I can breath freedom”

Poin-poinnya, Pertama, Sebagai seseorang yang datang dari Indonesia, dia tahu apa arti prejudice & diskriminasi. Artinya bangsa/negara Indonesia itu prejudice dan diskriminasi bagi dia sebagai minoritas. Benarkah Indonesia, sebagai negara, prejudice & diskriminatif kepada minoritas ?

Kedua, Dia mengaku melarikan (flee) dari Indonesia ke Amerika agar bisa menghirup udara kebebasan (can breath freedom). Benarkah tidak ada kebebasan di Indonesia? Tolong anda jawab kalau anda memang peduli dengan negara anda. Saya tdk bicara kasus-kasus. Kalau kasus Amerika banyaak !

Selain itu menurut Imam, bahasa yang dipakai juga bisa menyinggung perasaan. Salah !.  Pertama; Kata prejudism itu tidak dalam bahasa Inggris. Yang ada adalah prejudice saja. Kata benda/noun: prejudice. Kata sifatnya: prejudicial. Pelaku disebut
“prejudiced people”

Kedua,  Kata-kata “My heart is melted” (hatiku meleleh). Biasanya ungkapan ini dimaksudkan untuk sesuatu yang positif dan bagus. Artinya jatuh hati. Ketika dimaksudkan sedih, maka kata ini tidak cocok. Harusnya my heart is tearing (menangis) atau bleeding (berdarah).

Menurut Imam Indonesia itu adalah Surga bagi syurga bagi minoritas !


 Red: MH

SHARE THIS

Author:

MARI MEMBANGUN KEBERSAMAAN, BERSAMA KITA BERJUANG

0 Please Share a Your Opinion.:

Diharap Memberi Komentar Yang Sopan & Santun
Terimakasih Atas Partisipasi Mengunjungi Web Kami

Hukum

Kesehatan

»

Serba Serbi