Saturday, May 09, 2020

Viral: Pesanan Fiktif Menimpa Kurier Online di Kab. Bone, Mereka Merasa Kena Tipu


HR.Id – Beberapa hari ini di Kabupaten Bone para warga merasa sangat kesal dengan banyaknya kurier online yang kena tipu oleh oknum pemesan Fiktif. Modusnya hampir persis sama yakni setelah sang kurier membelikan makanan/minuman pesanan seseorang lalu daintarkan ke alamat tujuan ternyata nomor handphone yang digunakan (WA) sudah tidak aktif lagi, dan alamat yang diberikan ternyata palsu.

Salah seorang kurier yang kami temui menyebutkan bahwa dia menerima pesanan tersebut karena merasa meyakinkan dan selama ini juga tak pernah ada seperti itu. Ia mengaku sangat kecewa dengan perlakuan orang tersebut apalagi dia hanya bermodal kecil dan sekali pemesanan hanya beruntung paling banyak Rp.10.000.

“Saya kena tipu Rp.80.000 dari pembelian minuman serta makanan yang dipesan oleh seseorang,” Ungkap Aan (8/5/20) salah seorang kurier online

Mengenai pesanan yang dipesan  yakni beberapa minuman dan juga makanan ta’jir Pisang Ijo.  Sebenarnya orang tersebut juga memesan Martabak akan tetapi Aan mengaku menolaknya karena tak ada penjualan Martabak disore hari. Intinya Aan merasa tidak curiga.

“Tidak curiga, karena inikan bulan Suci Ramadhan, apalagi waktu memesan, penipu itu share lokasi, cuman ada yang aneh yang tanpa saya sadari ternyata Foto akun wa-nya memakai Foto anak Pak presiden Jokowi,” ungkapnya lagi

Setelah kena tipu, Aan juga baru menyadari jika nomor Handphone yang digunakan nomor yang sudah kadaluarsa dan tak dapat dihubungi, namun untuk WA masih aktif.

Dari penelusuran kami ternyata modus ini bukan hanya satu orang kurir yang kena tipu akan tetapi ada sekitar puluhan kurir atau orang kena PHP dan modusnya hampir sama dengan pesanan yang juga hampir sama yakni Minuman (Gean Tea) dan Ta’jir pisang Ijo.  Selain itu ada juga modus bepura-pura ingin membeli barang namun setelah diantarkan ternyata Alamat yang digunakan palsu.  Kami juga mencoba menghubungi Nomor WA si pelaku dan ia sempat membaca masage dari kami namun berikutnya ia memblokir nomor kami.


Yang anehnya lagi beberapa diantara para kurier yang kena Tipu ternyata mengaku ia membeli pesanan dengan tempat yang sama yakni kedai Doble.M@Bone yang beralamat Jl. Dr Wahidin Sudiro Husodo, Depan Rumah Sakit Umum Tenriawaru Kab. Bone, namun berdasarkan penyampaian Mas Kurier Bone jika Pemilik kedai tersebut  telah mengklarifikasi bahwa ia tidak tahu menahu hal tersebut dan sama sekali tak mengenal sang penipu.

Setelah firal dimedia Sosial tentang pesanan Fiktik tersebut, seorang polisi (Kasiun di Polsek Salemoko) bernama akun FB Arhul Teratai memberikan informasi jika nomor pelacakan telepon yang digunakan berlokasi di sekitar JL. Orde Baru, Taneteriattang, Watampone, kab. Bone.

Sementara itu informasi dari para Kurir yang kena tipu menyatakan kalau mereka tidak berniat melaporkan kejadian ini ke pihak Berwajib.  Mereka memilih pasrah dan hanya meyarankan ke teman-teman sesama kurier agar perlu kehati-hatian dalam menerima pesanan yang mungkin ada unsur hoaxnya.

Dengan Viralnya para kurir di kab. bone yang kena tipu dimedia Sosial (FB) membuat netyzsen menyarankan agar pemesan misterius itu segera ditangkap, karena ada kemungkinan ia akan beraksi kembali dengan Nomor telepon yang lain dan modus yang mungkin berbeda.

Red:Ad

SHARE THIS

Author:

MARI MEMBANGUN KEBERSAMAAN, BERSAMA KITA BERJUANG

0 Please Share a Your Opinion.:

Diharap Memberi Komentar Yang Sopan & Santun
Terimakasih Atas Partisipasi Mengunjungi Web Kami

Hukum

Kesehatan

»

Serba Serbi