Friday, March 27, 2020

Ini Cairan Pembersih Yang Bisa Dibuat Disinfektan Pembasmi Virus Corona




Hr.Id - Ada berbagai cara yang dapat dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona baru atau COVID-19 yang kini tengah mewabah di Indonesia. Misalnya, dengan menjaga daya tahan tubuh serta kebersihan diri dan lingkungan, memperbanyak menjemur diri dan juga meminum vitamin dan lain-lain.


Kita dianjurkan pula untuk mencuci tangan setiap saat dengan sabun ataupun hand sanitizer.  Aklan tetapi sellain mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer, kiapun dianjurkan dan bahkan diberbagai daerah sudah menyemprotkan pembasmi bakteri, kuman, virus yang disebut disinfektan.  Penggunaan disinfektan juga diperlukan. Hal ini bertujuan untuk membunuh berbagai jenis virus dan bakteri di sekitar kita, termasuk coronavirus.

Namun, daripada terburu-buru membeli ke supermarket, tak ada salahnya untuk membuat disinfektan sendiri di rumah. Lantas, bagaimana cara membuat disinfektan yang aman dan mudah? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu disinfektan?

Disinfektan adalah cairan pembersih yang umumnya dibuat dari hidrogen peroksida, creosote, atau alkohol yang bertujuan untuk membunuh bakteri, virus, kuman, dan mikroorganisme berbahaya lainnya yang terdapat pada ruangan atau luar ruangan pada permukaan benda.


Disinfektan biasanya digunakan untuk membersihkan permukaan benda-benda yang paling sering disentuh orang banyak. Contohnya, gagang pintu, meja, kursi, keran wastafel, lemari, dan lain-lain.  Dan jangan heran penyemprotan dsinfektan sekarang ini baukan cuman dalam ruangan akan tetapi juga sangat dianjurkan diluar ruangan seperti dijalan-jalan yang sering dilalui oleh orang banyak atau pada lingkungan padat penduduk.  


Disinfektan mengandung konsentrasi biosida yang tinggi. Maka dari itu, disinfektan lebih efektif dalam membunuh bakteri dan mikroorganisme pada permukaan benda mati apa pun, yang menjadi perantara paparan infeksi virus atau bakteri berbahaya bila dihirup atau disentuh manusia

Menurut penuturan LIP bahwa disinfektan dapat merusak lapisan lemak sehingga membuat virus corona cukup lemah dibandingkan dengan norovirus yang merupakan virus tanpa selubung dan virus lainnya yang memiliki cangkang protein yang lebih kuat.

Sementara itu Antiseptik juga digunakan sebagai pembasmi virus, kuman dan microorganisme lainnya namun Antiseftik banyak digunakan sebagai Sanitizer untuk Mencuci tangan, Membersihkan permukaan kulit sebelum operasi, Membersihkan permukaan kulit yang terluka, Mengobati infeksi kulit, Mengobati infeksi di rongga mulut dll.

Bahan aktif untuk disinfeksi adalah Accelerated hydrogen peroxide (0,5 persen), Benzalkonium chloride/quaternary ammonium/alkyl dimethyl benzyl ammonium chloride (0,05 persen), Chloroxylenol (0,12 persen), Ethyl alcohol atau ethanol (62-71 persen), Iodine in iodophor (50 ppm), Isopropanol atau 2-propanol (50 persen), Pine oil (0,23 persen), Povidone-iodine (satu persen iodine), Sodium hypochlorite (0,05-0,5 persen), Sodium chlorite (0,23 persen), dan Sodium dichloroisocyanurate (0,1-0,5 persen).

Disinfektan menjadi salah satu kunci dalam pencegahan penyebaran virus corona penyebab COVID-19. Namun, harus diperhatikan penggunaannya dengan benar.

Contoh pengenceran produk Proclin Pemutih yang mengandung sodium hypochlorite 5,25 persen untuk menghasilkan volume akhir disinfektan 1.000 mililiter, yakni Proclin Pemutih 20 mililiter ditambah 980 mililiter air.


Peneliti Kimia dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr. Joddy Arya Laksmono membenarkan bahwa cairan disinfektan bisa dibuat dengan campuran cairan pemutih pakaian atau pembersih lantai.  Berdasarkan anjuran dari WHO, bahwa bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai desinfektan adalah etanol dan sodium hipoklorit (pemutih). Kebanyakan larutan bahan pemutih rumah tangga mengandung 5 persen sodium hipoklorit (50000 bpja klorin)




Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) juga telah merilis daftar Produk Rumah Tangga yang dapat digunakan untuk Disinfeksi Virus Corona Covid-19. Produk Rumah Tangga seperti Dettol, Bayclin, Soklin, dan Wipol memiliki konsentrasi bahan aktif yang terbukti efektif melawan Virus Corona.  Disamping harganya bisa terjangkau juga sangat mudah didapatkan. 

Berikut Ini daftar pembersih peralatan rumah tangga yang bias dnut Disinfektan untuk kebtuhan pemberanmtasa virus Corona Covid-19.


1. Aquatabs Multipurpose
2. Bayclin Lemon (dengan pengenceran 20 mL per 1 L air)
3. Bayclin Regular (dengan pengenceran 20 mL per 1 L air)
4. Bebek Kamar Mandi
5. Bratacare Disinfectane Concentrate (dengan pengenceran 10 ml per 1 L air)
6.  Clorox Disinfecting Bleach (dengan pengenceran 10 ml per 1 L air 
7.  Clorox Toilet Bowl Clener With Bleach (dng. pengenceran 40 ml per 1 L air )
8.  Dettol All In One Disinfectant Spray
9.  Dettol Antiseptic L (dengan pengenceran 25 ml per 1 L air)
10. Dettol Pembersih Lantai Citrus (dengan pengenceran45 ml per 1 L air )
11. Dettol Pembersih Lantai Multiaction (dengan pengenceran 4 in 45 ml per 1         L  air )
12. Mr. Muscle Axi Triguna Pembersih Lantai (dengan pengenceran 1 bagian              dalam 2 bagian air )
13. Proclin Pemutih (dengan pengenceran 20 mL per 1 L air )
14. Septalkan (dengan pengenceran 1 bagian dalam 1 bagian air )
15. Soklin Pemutih (dengan pengenceran 20 mL per 1 L air )
16. SOS Pembersih Lantai Antibacterial (dengan pengenceran 50 ml dalam 1 L          air )
17. Wipol Pembersih Lantai Cemara Pine (dengan pengenceran 1 bagian dalam        9 bagian air )
18. Wipol Pembersih Lantai Sereh & Jeruk (dengan pengenceran 40 ml dalam 1        L air)
Red: Ms

SHARE THIS

Author:

MARI MEMBANGUN KEBERSAMAAN, BERSAMA KITA BERJUANG

0 Please Share a Your Opinion.:

Diharap Memberi Komentar Yang Sopan & Santun
Terimakasih Atas Partisipasi Mengunjungi Web Kami

Hukum

Kesehatan

»

Serba Serbi