Monday, March 30, 2020

Cara Membuat Hand Sanitizer Tanpa Alkohol Untuk Cegah Virus Corona




HR.Id-Covid-19 mewabah di Indonesia,. Zat anti septic menjadi langkah dipasaran mendorong kita untuk mencari lankah alternative namuin kualitas uang didapatkan tak kalah dari zat=zat formula yang dijadikan sanitizer atau yang dikemas dalam bentuk Hand Sanitizer.
Ada bebrapa banyak bahan alami yang sanagat baik sebagai bahan alternative sanitizer diantara, Kulit Jeruk, Daun serei, Kulit Rambutan, Lida Buaya dan Daun Siri.

Diantara bahan-bahan alami tersebut perlu ada kombinasi cairan Alkohol atau Etanol sebagai bahan pelarut, namun terdapat salah satu diantaranya yang tak perlu menggunakan Alkohol atau Etanol yakni daun siri.

Daun sirih sering dijumpai sebagai tanaman hias dibanyak rumah. Selain itu tanaman sirih juga dikenal sebagai tumbuhan yang memiliki banyak manfaat. Tanaman ini memiliki daun lebar dan biasanya tumbuh menjulur atau menjalar. Daunnya penuh dengan vitamin seperti vitamin C, sumber kalsium yang bagus dan beragam jenis minyak esensial.

membuat hand sanitizer sendiri dan menempatkan pada wadah yang sudah kita miliki merupakan satu langkah untuk mengurangi konsumsi plastik kemasan hand sanitizer komersil.  Selain itu dengan memanfaatkan daun sirih sebagai hand sanitizer merupakan bentuk pengurangan  konsumsi bahan kimia yang produksinya menghasilkan emisi gas rumah kaca.

Ketua Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi UNAIR, Dr Retno Sari mengklaim ia dan timnya berhasil membuat hand sanitizer dari daun sirih tanpa tambahan alkohol. Dalam chaenal youtube Universitas Airlangga, Ia juga mengatakan penelitian mengenai pembuatan hand sanitizer tanpa etanol atau alkohol pernah dilakukan saat terjadi penyebaran wabah flu burung tahun 2006 silam.


Berikut resep dan cara membuatnya:

Bahan:

Daun sirih 50 gram
Air 200 ml
Mangkuk
Jeruk Nipis
Cara membuat:

Ambil 50 gram daun sirih dari halaman, kemudian cuci bersih dan diangin-angin supaya kering, kemudian dipotong-potong kecil menggunakan pisau atau gunting lalu simpan kedalam sebuah mangkuk.

Panaskan air 200 ml hingga mendidih.

Tuangkan air panas ke daun sirih yang sudah dipotong-potong dan Renda, lalu letakkan mangkuk (steam) dalam panci (di dandan yang berisi air) dengan api kecil selama 30 menit

Setelah itu disaring hingga dapat ekstra air

Tambahkan jeruk nipis 8ml

Aduk dan tambahkan air yang telah mendidih secukupnya hingga Sanitizer kelihatan tak berwarna.

Aroma dominan dari hand sanitizer ini adalah daun sirih yang efeknya sama dengan etanol yakni mengurangi jumlah bakteri.

Untuk meredam bau sirih yang menyengat dan agar tidak berwarna saat proses penyaringan, diamkan sebentar hingg dingin dan tambahan jeruk nipis kemudian saring. Seketika warnanya akan menjadi bening.

Namun perlu diperhatikan karena dibuat tanpa bahan pengawet, hand sanitizer dari bahan alami ini tidak tahan lama. Sehingga tidak direkomendasikan untuk dijual, cukup untuk penggunaan pribadi saja.

Red. AMsH


SHARE THIS

Author:

MARI MEMBANGUN KEBERSAMAAN, BERSAMA KITA BERJUANG

0 Please Share a Your Opinion.:

Diharap Memberi Komentar Yang Sopan & Santun
Terimakasih Atas Partisipasi Mengunjungi Web Kami

Hukum

Kesehatan

»

Serba Serbi