Saturday, May 25, 2024

Amalan Jika Bermimpi Buruk

Oleh: Andi Ms Hersady

Mimpi buruk mungkin akan lebih cenderung memicu kecemasan daripada berfungsi sebagai pelepasan emosi.  Seseorang  biasanya terbangun dengan jantung berdebar-debar dan tangan yang lembap. Hal seperti ini dibutuhkan ketenang  saja dalam soal berpikir dengan mengolahnya bahwa  itu hanya mimpi buruk. Namun, apakah mimpi buruk benar-benar tidak berbahaya?  Pisikolog tidak begitu yakin. Meskipun beberapa orang terus percaya bahwa mimpi buruk mengurangi ketegangan psikologis dengan membiarkan otak melampiaskan ketakutannya, penelitian terbaru menunjukkan bahwa emosional pikiran dimalam hari lebih mungkin  meningkatkan kecemasan dalam kehidupan nyata.

Hasil terbaru Nielsen, yang dipublikasikan dalam Journal of Sleep Research Juni lalu, justru mendukung temuan peneliti Australia yang dipublikasikan dalam jurnal Dreaming bahwa mimpi buruk tidak hanya tidak mencegah kecemasan, tetapi orang yang melaporkan tertekan tentang mimpi mereka bahkan lebih mungkin menderita kecemasan umum daripada mereka yang mengalami kejadian yang menyedihkan seperti perceraian orang tua mereka.

Untuk mengungkap bagaimana tidur REM yang melibatkan lebih banyak aktivitas otak saat sebagian besar mimpi terjadi mempengaruhi emosi kita. Ketika subjek melihat gambar yang sama di pagi hari, mereka yang tidak mendapatkan tidur REM yang penuh mimpi tidak terlalu terpengaruh secara emosional dibandingkan mereka yang tidak mendapatkan fase tidur lainnya. Hal yang sama berlaku bagi mereka yang mengalami lebih sedikit emosi negatif dalam mimpi mereka. Dengan kata lain, mengalami mimpi buruk tidak membuat pemimpi lebih tangguh dalam kehidupan nyata justru sebaliknya.

Tidur REM berperan penting dalam membantu otak mengonsolidasikan dan memproses informasi baru. Informasi ini kemudian disimpan dalam memori jangka panjang . Tidur REM juga membantu memastikan konsentrasi mental dan pengaturan suasana hati yang lebih baik, dua hal yang penting bagi kinerja kerja harian dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Efek negatif dari kurangnya tidur REM sangat serius: Tanpa tahap tidur yang kritis ini, sistem kekebalan tubuh sesorang  dapat melemah, dan mungkin akan merasakan nyeri badan yang lebih dalam, dan pertumbuhan sel dan jaringan baru yang sehat dalam tubuh dapat terhambat. Tidur REM yang buruk dapat disebabkan oleh gangguan tidur seperti insomnia atau apnea tidur obstruktif, yang menyebabkan terbangun di malam hari dan bisa pula terganggu oleh alusinasi mimpi buruk yang seakan nyata.

Banyak diantara kita jika mengalami mimpi buruk maka akan menghubung-hubungkan dengan dunia nyata dan mengartikannya sendiri dengan rasa ketakutan yang sebenarnya hanyalah ilusi.

Dalam dunia islam, mimpi pada kategori awal adalah bisikan hati yang terjadi karena sebelum tidur seseorang memiliki angan-angan, keinginan dan yang semisalnya yang memenuhi fikirannya sehingga terbawa dalam tidur jenis inilah yang dikemukakan Freud melalui teori pemadatan (condensation) dan pemindahan (displacement) di mana mimpi sebagai jalan pemenuhan keinginan (wishfulfillment) dari alam bawah sadar yang kita represi.

Sedangkan mimpi pada ketegori kedua merupakan permainan dan gangguan syaithan yang bermaksud melahirkan rasa takut dan sedih pada diri manusia yang mengakibatkan murung, lesu dan penuh kekhawatiran yang terbawa sampai seseorang terbangun atau terjaga dari tidur. Hal itulah yang disebut dengan mimpi buruk, menyeramkan yang sering dihubungkan dengan gangguanpsikologis  kejiwaan. Olehnya itu tidak mengherankan bagi sesorang yang sering mengalami gangguan tidur disebabkan keseringan mimpi buruk  dalam pandangan Islam unruk mengurangi hal tersebut dengan melakukan Rukiyah.  

Tak boleh dipungkiri bahwa pada dasarnya orang orang yang  mengalami gangguan fisikis seperti kecemasan yang berlebihan akan lebih cenderung mengalami gangguan tidur dengan mimpi mimpi buruk sesering mungkin. Demikian juga banyak orang yang mengalami mimpi buruk karena  menderita gangguan lambung. Asam lambung yang meningkat akan menyebabkan rasa hati dan pikiran yang tidak tenang, cemas dan rasa stres. 

Namun bagi sesorang yang ingin mengatasi hal itu sendiri agar terhindar dari dari rasa takut dan kecemasan, maka lakukanlah hal ini. Pertama, apabila anda sedang bermimpi baik, maka hendaklah memuji kepada Allah SWT dan ceritakanlah mi mimpi anda kepada orang-orang yang anda sukai.

Kedua, tapi apabila mimpi anda itu buruk, maka hendaklah anda meludah kesebelah kiri sebanyak 3 X ketika bangun dan terjaga dari tidur karena mimpi, hendaklah anda membaca doa yang sudah kami lampirkan dibawah, dan yang perlu diingat janganlah menceritakan mimpi tersebut  kepada siapapun

Inilah Doanya;



"Allohumma inni a’zubika min ‘amalis syaithoni wa sayyi-atil ahlam"

Artinya: Ya Alloh aku berlindung kepadaMu dari perbuatan setan dan buruknya mimpi.

Sebaiknya sebelum tidur, bagi siapa yang ingin mendapatkan impian yang baik dan menyenangkan maka ketika akan tidur sebaiknya berwudlu terlebih dahulu lalu membaca surat Alfatihah dan Al-Iklash serta Surat Al-Falag dan Surat Annas kemudian membaca

"Subhanallah Walhamdu Lillah Wa La Ilaha Illallah Wallahu Akbar, Wala Khaula Walaa Quiata Illaa Billahil Aliyil Adhim"

Menurut para ulama sebaiknya jika mengalami mimpi buruk maka bangunlah dan laksanakan shalat minimal Dua Rakaat.

Ada tiga jenis mimpi menuru Nabi, Mimpi Karena Bisikan Hati, Mimpi Karena Ditakuti Oleh Setan dan Mimpi Kabar Gembira Dari Allah SWT (HR. Bukhari dan Muslim)

Mimpi buruk berasal dari setan, mimpi buruk salah satu permainan setan kepdaa bani nabi adam, mereka ingin menakut nakuiti manusia, maka untuk itu nabi melarang kita untuk menceritakan mimpi buruk itu kepada siapapun.



Ctt- dikutif dari berbagai sumber


SHARE THIS

Author:

MARI MEMBANGUN KEBERSAMAAN, BERSAMA KITA BERJUANG

0 Please Share a Your Opinion.:

Diharap Memberi Komentar Yang Sopan & Santun
Terimakasih Atas Partisipasi Mengunjungi Web Kami

Hukum

Kesehatan

»

Serba Serbi