Sunday, October 13, 2019

@Amanda010206 mengunggah Video Hoax Pesawat Dan Mobil Tanki


HarapanRakyat-Seorang pegiat Twiter #Naga Betina#  @amanda010206 (https://twitter.com/i/status/1183233992008454145) membuat cuitan dengan menyertakan video tersebut, padahal pembuat Hoax ini kurang literatur dimana video ini pernah jadi streaming hoax di medsos pada bulan Juli tahun 2017.  Disebutkan bahwa video tersebut diambil dari permainan animasi yang adegannya terkesan natural.

Video tersebut memperlihatkan sebuat pesawat berukuran sangat besar hendak landing. Saat roda hampir menyentuh landasan pacu, tiba-tiba pesawat itu terbang kembali karena ada truk tangki yang menghadang.

Video ini diyakini mempunyai kejanggalan dan bukanlah asli, namun siapalah sang pembuat Video ini ? namun yang pasti orang-orang yang menyebarkannya kembali apalagi dibumbu-bumbui dengan kata-kata menyudutkan dan mendeskredikan muslim uang menyebutnya Islam radikal bisa memicu komplik horisontal bagi anak bangsa.

Berdasarkan entry yang pernah ditayangkan Jawa Pos tahun 2017, video yang diklaim sebagai serangan teroris tersebut jelas hoax. Associated Press (AP) News yang bermarkas di Amerika Serikat membuat ulasan yang menyangkal bahwa kejadian itu nyata. Judul ulasannya, Video does not show attempted terrorist attack in Algeria.

Ulasan yang terbit pada 13 Juli 2019 tersebut menjelaskan bahwa video itu merupakan sekuel dari video game yang disebarkan dengan narasi palsu. Video pesawat Airbus A380 tersebut diambil dari permainan Grand Theft Auto (GTA) V. Anehnya, ungkap AP, video itu juga di-tweet oleh politikus Pakistan yang menyebut cara meloloskan diri yang ajaib. Anda dapat membaca ulasan tersebut di bit.ly/BukanSeranganTeroris.

Kanal YouTube milik The UiGamer juga mengunggah video itu dengan Judul GTA5 — An “Oil Tanker” Accidentally Came in the Runway during landing of A380. Video dengan durasi 2:53 detik tersebut diunggah pada 20 Juni 2019.

Selanjutnya, situs pencari fakta, hoaxorfact.com, membahas kabar palsu itu dengan judul Pilot Skill Fails Terrorist Attack in Algeria, Video: Fact Check. Ulasan yang sudah terbit pada 13 Juli 2019 tersebut mengungkapkan bahwa video itu hanya simulasi permainan aksi petualangan.

Pengembang game menciptakan situasi di mana sebuah kapal tanker minyak datang ke landasan pacu saat pendaratan Airbus A380. Ketika itu terjadi, pilot segera lepas landas sebelum mendarat agar terhindar dari kecelakaan. Anda dapat membaca ulasannya di bit.ly/SekuelSimulasiGTAV.

Dengan semikian, para netizen menganggap konten yang kembali disebar luaskan di twiter oleh @amanda010206 itu adalah hoax yang sifatnya provokasi dan bersifat Buzzer, apalagi menyebut lokasi kejadian adalah di Turky

Postingan itu telah di retweet sekitar 2.000 dan disukai  sekitar 3.700.  Diposting sejak pukul 10.16 PM · 11 Okt 2019Twitter for Android

Berbagai tanggapan dari netizen yang mencekam postingan tersebut dan sebagian kecil ada yang mempercayai bahwa video mitu adalah benar adanya.

Ini Bunyi Postingan Hoax Tersebut. "Maskapai penebangan Turki melarikan diri dari tabrakan yang direncanakan oleh teroris dengan tanker bahan bakar. Keahlian pilot dan keputusan yang diambilnya dalam sepersekian detik menyelamatkan 380 penumpang. Ini disebut mukjizat. Teroris dan Khilafah harus out dari NKRI"
Maskapai penebangan Turki melarikan diri dari tabrakan yang direncanakan oleh teroris dengan tanker bahan bakar. Keahlian pilot dan keputusan yang diambilnya dalam sepersekian detik menyelamatkan 380 penumpang. Ini disebut mukjizat. Teroris dan Khilafah harus out dari NKRI
10.16 PM · 11 Okt 2019Twitter for Android
Berikut beberapa tanggapan Netizen:
Membalas @Amanda010206
Yg begini seharusnya di tangkap sangat meresahkan.


Membalas @Amanda010206Lu naga betina kalau ga ngerti dan ga paham ga usah komentar dan ga usah sebar kontens, lu kira orang2 pd dungu kayak lu, banyak dan cepat informasi yg dapat diterima orang sekarang lwt media2.... nyebar berita bohong lg ....
10.16 PM · 12 Okt 2019Twitter for Android
jangan buat kawan2 sebarisan lo nampak tololnya dong...kasian...buat yg follow dia, selamat ya sdh mau makan umpan kebodohan @Amanda010206 
3.44 AM · 12 Okt 2019Twitter for Android 



Membalas @Amanda010206
blm lama eik diserang sama netijyen turki yg ga bisa baca caption serangan bom bunuh diri di mesir 2017 tapi dianggap mereka itu serangan turki ke suriah sekarang ada lg orang begok yg pke rekaman gameplay GTA V trs dipelintir buat propaganda politik ngeframing kelompok tertentu 
9.33 PM · 12 Okt 2019Twitter Web App



Red: Mst


SHARE THIS

Author:

MARI MEMBANGUN KEBERSAMAAN, BERSAMA KITA BERJUANG

0 Please Share a Your Opinion.:

Diharap Memberi Komentar Yang Sopan & Santun
Terimakasih Atas Partisipasi Mengunjungi Web Kami

Hukum

Kesehatan

»

Serba Serbi