Wednesday, October 30, 2019

15 Aplikasi Berbahaya Untuk Hp Android, Segera Uninstal




HarapanRakyat-Pada teknologi Hp Android penyediaan Apk di Google Playstore banyak alternatif dapat didownload dengan mudah dan gratis. Namun bagi pengguna android diperlukan kehati-hatian dalam pemakaian aplikasi yang tersedia di google Playstore. 

Pada halamn Entry sophos.com, menyampaikan jika pada aplikasi yang mudah didownload tersebut terdapat aplikasi berbahaya yang dapat membahayakan ponsel Android. ada sekitar 15 aplikasi disebut berbahaya dan satu dari 15 aplikasi sudah diunduh lebih dari 1,3 juta pengguna android. Aplikasi tersebut berbahaya karena terinfeksi oleh adware. 

15 aplikasi tersebut menghasilkan iklan yang sering, besar, mengganggu, dan secara harfiah menyembunyikan icon aplikasi mereka di peluncur untuk mempersulit Anda menemukan dan menghapusnya. 

Salah satu aplikasi yang dimaksud oleh sophos.com adalah Flash On Calls & Message. Aplikasi ini menunjukkan pemberitahuan palsu ketika diluncurkan di ponsel, dengan mengatakan aplikasi tidak kompatibel dengan perangkat. 

Selanjutnya pengguna akan dibawa ke Google Maps di Play Store agar berpikir bahwa aplikasi google maps merupakan penyebab masalahnya padahal sesungguhnya adalah peringatan palsu. 

Sophos.com juga mengamati aplikasi ini melakukan intrik dengan cara ilegal yaitu menggunakan satu nama dan icon untuk aplikasi (yang terlihat di halaman pengaturan Aplikasi telepon), dan nama dan icon yang berbeda untuk Aktivitas Utama (jendela aplikasi yang berjalan). 

Sembilan dari 15 aplikasi menggunakan icon dan nama aplikasi yang menipu, yang sebagian besar tampaknya dipilih karena mereka mungkin mirip dengan aplikasi sistem yang tidak berbahaya. (Icon aplikasi masih terlihat di menu Pengaturan "gir" telepon, di bawah Aplikasi.) 

Dengan menyembunyikan ikon mereka, dan menggunakan ikon dan nama aplikasi yang menyerupai aplikasi sistem. Sebagian besar aplikasi ini disajikan kepada pengguna sebagai jenis aplikasi pembaca kode QR, editor gambar hingga pencari telepon. 

Berikut daftar 15 aplikasi berbahaya terinfeksi adware dan harus di uninstall menurut Shopos: Flash On Calls & Messages

Read QR Code 
Imagine Magic 
Generate Elves 
Savexpense QR Artifact 
Find Your Phone : Whistle 
Scavenger --- speed guard 
Auto Cut Out Pro 
Background Cut Out 
Photo Background 
ImageProcessing 
Background Cut Out New 
Auto Cut Out 
Auto Cut Out 2019 


Sebagian besar aplikasi ini mendapat ulasan negatif dari pengguna, banyak yang mengeluhkan aplikasi ini tidak dapat berjalan, icon aplikasi menghilang dari peluncur, dan tentu saja iklan yang agresif yang tak henti-hentinya muncul pada layar android. 

Sebenarnya Sophos.com telah memberi tahu Google tentang aplikasi ini pada bulan Juli dan, sejauh yang diketahui, telah dihapus dari google playstore. 

Namun seorang peneliti utama di Sophos, Andrew Brandt memperingatkan bahwa 'walaupun aplikasi ini telah dihapus dari Google Play Store, mungkin saja masih terdapat aplikasi lain yang belum ditemukan yang melakukan hal yang sama.'

Jangan mengunduh aplikasi utilitas sepele karena aplikasi tampak bagus dan gratis — aplikasi gratis karena suatu alasan. Sekalipun kerugiannya hanyalah iklan yang tidak diinginkan, faktanya aplikasi ini sering kali menyembunyikan lebih banyak bahaya dibanding manfaatnya.

Diperingatkan sebelum menginstal aplikasi dari Google Play Store.
Pengguna harus memperhatikan ulasan atau komentar pengguna lain hingga nilai rating dari Aplikasi itu, dan jangan menjadi orang pertama yang mencoba aplikasi baru.

Redaksi


SHARE THIS

Author:

MARI MEMBANGUN KEBERSAMAAN, BERSAMA KITA BERJUANG

0 Please Share a Your Opinion.:

Diharap Memberi Komentar Yang Sopan & Santun
Terimakasih Atas Partisipasi Mengunjungi Web Kami

Hukum

Kesehatan

»

Serba Serbi