Saturday, October 05, 2019

14 Besar Nama-nama Favorit Calon Walikota Makassar 2020


Oleh: Ir. Andi Ms Hersandy


HarapanRakyat-Survey 14 Besar nama-nama calon Walikota dan Wakil Walikota Makassar untuk Pilwalkot tahun 2020 yang diperkirakan akan bertarung,  ini telah mendapat simpatik dihati Masyarakat.  HarapanRakyat mencoba menanyakan langsung ke Masyarakat para kandidat-kandidat yang menurut pengenalan mereka.  Pertanyaannya sederhana, "Siapakah Calon Walikota Makassar Yang Akan Bertarung di 2020" ?

Sekedar diketahui, Pilwalkot Makassar 2020 adalah seri ulangan setelah tahun 2018 kemarin Kotak Kosong menang melawan calon tunggal Appi-Cicu. Untuk itu berdasarkan PKPU Nomor 13 Tahun 2018 UU Pasal 25 Ayat 1 yang berbunyi  'Apabila Perolehan Suara Pada Kolom Kosong Lebih Banyak Dari Perolehan Suara pada Kolom Foto Pasangan Calon, KPU Menetapkan Penyelenggaraan Pemilihan KembaliPada Pemilihan Serentak Periode Berikutnya'

Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020. Perancangan PKPU berdasar pada Undang-Undang 10 Tahun 2020 tentang Pilkada.  Sesuai Peraturan KPU (PKPU) Nomor 13 Tahun 2018 tentang pemilihan dengan satu pasangan calon disebutkan bahwa ketika pasangan calon tidak mencapai perolehan suara lebih dari 50 persen maka dilakukan pemilihan ulang. 


Baca Juga: Nama-Nama Calon Walikota Makassar: RS-02 Siap Mendukung Figur Amanah 2020 

Sederetan nama-nama muka Lama yang Populer dikalangan Masyarakat Makassar saat ini terdapat nama DP atau Moh Ramdhan Pomanto  / Dany Pamanto mantan Walikota Makassar Periode 2014-2019.  Kemudian ada Syamsu Rizal Mantan Wakil Walikota Makssar yang telah mendampingi Dany Pamanto sampai akhir jabatannya.  Munafri Ariffuddin juga masuk sederetan yang dipopulerkan, meski Pilwalkot 2018 yang lalu Appi sapaan Munafri sempat terjungkal dan di-kalahkan oleh Kotak Kosong namun diperkirakan Appi masih bisa bersaing dengan kandidat lainnya.

Pasangan Munafri setahun lalu, Andi Rachmatika Dewi boleh jadi akan turut serta kembali bertarung meski tanggal 24 September 2019 yang lalu baru saja dilantik menjadi Anggota DPRD Sulsel.



Selain 4 nama tersebut kandidat dari PAN, Busra Abdullah diperkirakan akan kembali bertarung di Pilkada 2020, apalagi terdengan kabar bahwa Busra akan dicalonkan oleh PAN sebagai Walikota yang didukung oleh Gubernur Nurdin Abdullah.  

Semenmtara Tamsil Linrung yang pada Tahun 2013 berpasangan dengan Das'ad Latief masih mendapatkan hati dari masyarakat apalagi Pada Pemilu 17 April 2019 lolos ke MPR melalui jalur DPD Sulsel.

Untuk pendatang baru muncul nama Iqbal Djalil mantan legislator DPRD Kota Makassar dari PKS.  Boleh jadi Uztas Itje sapaan Iqbal diharapkan oleh masyarakat mengingat dia sebagai salah satu kandidat yang mewakili ulama selain  ada nama Tamsil linrung.  Dua ulama sulsel ini kemungkinan besar akan bertarung pada Pilwilkot makassar 2020 mengingat namanya tergolong Favorit saat ini.

Disamping itu Ada nama Pelaksana Tugas Walikota Makassar saat ini, Iqbal Suhaeb  masuk daftar Calon Walikota pilihan Masyarakat.  Demikian juga adik kandung mantan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo yakni Haris Yasin Limpo Direktur PDAM  saat ini dan Juga Irman Yasin Limpo, Kepala BPPD Sulsel.

Satu nama lagi yang cukup dipavoritkan oleh Masyarakat kota Makassar yakni putra Ande A. Latif, Taufiqqulhidayat. Kandidat satu ini berprofesi sebgai dokter.  Ia sering disa[pa dengan nama Onasis.  Putra pengusaha travel haji dan umroh terbesar di Sulsel di era 90-an hingga 2000 bernama PT Tiga Utama milik Ande Latief itu, tak perlu diragukan lagi kepopulerannya, namanya ramai di bahas di ruang-ruang publik termasuk di media sosial.

Baca Juga: Korban Kerusuhan Terbanyak Di Wamena Adalah Suku Bugis, Sulawesi Selatan


Selanjutnya, menurut info yang kami dapatkan, Sukriyansyah akan ikut ambil bagian dalam konteks 5 Tahunan di Kota Makassar ini, Sukriyansah masuk dalam daftar Favorit kami sebagai Calon Walikota.  Dikabarkan bahwa Syukriansyah didukung oleh Andi Amran Sulaeman sang Menteri Pertanian dan kemungkinan besar Fajar Group juga akan mendukungnya.

Isteri mantan Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin alias Aco juga mendapat tempat yang cukup baik dimata Masyarakat Makassar, apalagi Aliyah Mustika Ilham baru saja terpilih menjadi Anggota DPR-RI yang tentu saja masyarakat pemilihnya masih akan setia padanya. 

Berikut 14 Nama Yang Kami Himpun dari hasil Survey HarapanRakyat ke Masyarakat dengan bertanya langsung tentang nama-nama yang dikenal untuk Pilwalkot 2020 mendatang.

Mengingat pelaksanaan Pilwalkot masih sekitar stahun lebih lagi maka untuk itu kemungkinan kandidat-kandidat berikutnya akan bermunculan dan mendapatkan tempat dihati masyarakat Makassar.  Pilkada serentak akan dilaksanakan pada 23 September 2020.

1. Moh Ramdhan Pomanto-Mantan Walikota Makassar
2. Muh Risal - Mantan Wakil Walikota Makassar
3  Busrah Abdullah - Politisi PAN
4. Munafri Arifuddin (CEO PSM Makassar)
5. Sukriansyah S Latief (Staf Khusus Menteri Pertanian/Jurnalis )
6. Aliyah Mustika - Ilham Anggota DPR RI 
7. Andi Bashar, Pengusaha 
8. Iqbal Suhaeb ( Pejabat Sementara Walikota Makassar saat ini )
9. Haris Yasin Limpo (Dirut PDAM Kota Makassar) 
10. Tamsil Linrung ( Anggota DPD Terpilih ) 
11. Taufiqqulhidayat Ande A Latif, Dokter dan Pengusaha
12. Andi Rachmatika Dewi, Politikus Nasdem
13. Irman Yasin Limpo, Kepala BPPB Sulsel
14. Muh Iqbal Djalil, Politikus

Dari ke-Empat Belas nama diatas 3 nama diantanya belum terdengar mencari dukungan pada Partai tingkat Kota Makassar yang mempunya suara di Parlemen, dimana sebagai persyaratan 10 Suara Anggota DRPRD Kota untuk meloloskan calon Walkot dan Wawalkot. 3 nama yang dimaksud adalah Tamsil Linrung, Iqbal Suhaeb dan Busrah Abdullah 


Penulis Adalah Pemimpin Redaksi 'Tabloid Harapan Rakyat'

SHARE THIS

Author:

MARI MEMBANGUN KEBERSAMAAN, BERSAMA KITA BERJUANG

0 Please Share a Your Opinion.:

Diharap Memberi Komentar Yang Sopan & Santun
Terimakasih Atas Partisipasi Mengunjungi Web Kami

Hukum

Kesehatan

»

Serba Serbi