Tuesday, September 10, 2019

DPW FPI Makassar Bantu Warga Korban Bencana Kebakaran



FPI Makassar Bantu Korban Bencana Kebakaran

HarapanRakyat-Dewan Pimpinan Wilayah FPI  (Front Pembela Islam) Kota Makassar, melalui instruksinya , Akan memberikan bantuan kepada keluarga korban kebakaran di-beberapa Kecamatan sekota Makassar. Dengan memberi bantuan  diharapkan dapat  meringankan beban penderitaan warga yang lagi tertimpa bencana kebakaran.     

Diketahui dalam Dua minggu tertakhir ini empat lokasi terjadi musibah kebakaran secara beruntun. Pada tangg 31 /8/19 terjadi kebakaran di Jalan Batara Bira I, Biringkanaya, Makassar, sebuah Unit Rumah Terbakar.  Kemudian sehari sesudahnya hari Ahad Pagi, 1/9/19 terjadi di Jalan Toa Daeng 4, Kelurahan Paropo kecamatan Manggala . Satu unit rumah warga hangus terbakar.  Pada hari yang sama Ahad malam 1/9/19  sekitar pukul 19.00 Wita, kembali terjadi di Jalan Pettarani 3, Kelurahan Tamamaung, Kecamatan Panakkukang, Makassar, 1 Unit rumah warga hangus terbakar.  Tidak lama berselang pada hari yang juga sama 1/9/19 sekitar pukul 21.00 Wita, kebakaran terjadi di Jalan Abubakar Lambogo (Ablam) Lorong 3, kecamatan Makassar. Tercatat 5 rumah warga hangus terbakar.
Pada hari Jumat (6/9/2019, giliran Pasar Karuwisi Makassar, Jalan Sehati/Jl. Keamanan, Kelurahan Karuwisi, kecamatan Panakkukang, Makassar yang mengalami musibah kebakaran. Kebakaran Pasar Karuwisi,11 Unit rumah warga dinyatakan hangus terbakar 

Minggu Malam 8/9/19, tak luput dari musibah kebakaran.  Lokasi kebakaran Jl. Pamai 2 dan Jl. Pamai 3 Kelurahan Tamparang Keke, Kec. Mamajang, yang menghanguskan 16 Rumah warga.


Pemerintah kota makassar melalu Dinas Pemadam kebakaran Damkar) telah menghimbau seluruh warga agar selalu waspada terhadap insiden kebakaran, Damkarpun berpesan kepada masyarakat Kota Makassar agar tetap sigap dan waspada akan bahaya kejadian kebakaran,  agar warga selalu memperhatikan daerah rawan termasuk di skala rumah tangga yakni kompor didapur, alat elektronik lainnya serta keamanan dari situasi lainnya yang bisa berdampak menimbulkan kerugian baik materi maupun nonmateri.

Baca juga: Hati-Hati Pengguna FB, 400 Juta Akun Telah di Retas

Organisasi Islam FPI kota Makassar yang turut aktif memberikan bantuan tenaga dan materi melalui Sekretaris DPD FPI Sulawesi selatan, Agussalim Syam yang dikonfirmasi mengatakan bahwa kali ini FPI akan memberikan bantuan alakadarnya kepada korban kebakaran yang ada di beberapa titik se kota Makassar.

"InSyaaAllah kita usahakan untuk semua korban kebakaran yg ada di beberapa titik kota Makassar termasuk korban kebakaran yg terjadi kemarin malam di Baji Jl. Pamai 2 dan 3," katanya melalui WA masage 9/9/19.

Terjadi Kebakaran Di Makassart

Agussalim juga menjelaskan bahwa hari ini, tim dari Hilal Merah (HILMI) DPW FPI kota Makassar akan mengadakan pendataan terhadap korban kebakaran yg ada di jalan Baji Pamai 2 dan 3.


"InSyaaALLAH hari ini tim dari Hilal Merah Indonesia (HILMI) kota Makassar akan mengadakan pendataan terhadap korban kebakaran yg ada di jalan Baji Pamai 2 dan 3," ungkapnya.

Mengenai  teknis bantuan yang akan dilakukan oleh FPI apakah nantinya akan menyerahkan bantuan dalam bentuk uang tunai atau dalam bentuk Sembako, Agussalim menjelaskan bahwa nanti akan diberikan bukan dalam bentuk uang tunai dan juga bukan dalam bentuk sembako akan tetapi  dalam bentuk material-material bangunan untuk  dimanfaatkan oleh warga sebagai kebutuhan tempat tinggal sementara bagi para korban.

"Bukan tunai dan juga bukan sembako tapi kami akan memberikan bantuan dalam bentuk material bangunan, Kami dari FPI, akan ada tim dari HILMI yg diperbantukan dalam proses pembangunan kembali rumah-rumah korban kebakaran," jelasnya

HILMI ( Hilal Merah Indonesia) FPI adalah salah satu Sayap Juang FPI yg khusus menangani masalah-masalah kemanusiaan, semisal bencana banjir, gempa bumi, kebakaran dan apa saja yang  menyangkut sosial kemanusiaan.  Hilmi FPI diibaratkan adalah Palang Merahnya Front Pembela Islam.  Untuk Wilayah Makssar di ketuai oleh Nasrun Tajuddin

Sebelumnya, pada peristiwa kebakaran di Makassar ini, FPI Juga telah melakukan bantuan tenaga kepada para korban bencana kebakaran di beberapa titik.  Laskar-laskar FPI membantu para warga membersihkan puing-puing rumah yang telah menjadi arang dan abu.  Mereka para laskar FPI membantu warga mendirikan rumah darurat, dan bahkan sampai saat berita ini diturunkan para Relawan-relawan FPI masih terus membantu warga membersihkan puing-puing sisa kebakaran.
Ketua HILMI Makassar, Nasrun Tajuddin ketika dimintai keterangannya menyampaikan rasa syukur dan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh warga Masyarakat yang turut memberikan bantuan donasinya kepada Laskar-laskar FPI Untuk diteruskan kepada warga-warga yang terkena musibah kebakaran di wilayah kota Makassar.  Dia juga berterimakasih kepada seluruh Laskar FPI yang bahu membahu bekerja keras mencari donatur melalui penggalangan dana yang dilaksanakan sejak tanggal 5 s/d 8 September.

"Kami dari HILMI DPW FPI Kota Makassar Mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga makassar yang telah menitifkan donasinya kepada kami.  InsyaAllah, kami akan meneruskan bantuannya kepada warga yang terkena musibah kebakaran dalam waktu dekat ini," ucapnya.

Nasrun berharap agar setidaknya jangan adalagi musibah kebakaran yang terjadi, karena hal ini akan menjadi penderitaan bagi warga yang terkena musibah, namun ketua HLMI ini juga memberikan semangat dan motifasi kepada laskarnya bahwa jika memang bencana itu mesti terjadi maka HILMI FPI Kota Makassar harus siap membantu dan menjadi yang terdepan.

Ketua DPW FPI Makassar, Habib Hamid yang dihubungi terpisah mengatakan, sebagai ketua DPW FPI Makassar turut berduka cita dan prihatin atas terjadinya musibah kebakaran dibebrapa titik di Kota Makssar.  Habib bersama Hilmi bersama laska dan para Mujahidah (MPI) melaksanakan penggalangan dana dalam rangka meringankan beban suadar-saudara kita yang terkena Musibah Kebakaran.


Sejak tanggal 5 September sampai dengan tanggal 8 September 2019, FPI melakukan penggalangan dana dengan turun kejalan.  Ini dilaksankan di Flay Oper Jl. Urif Sumoharjo Makassar.  Dari hasil penggalangan dana tersebut terkumpul sebanyak 28.776.000.

Habib Hamid mengapresiasi seluruh laskar yang membantu dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap: HILMI DPW FPI Makassar, Panglima Daerah LPI Sulsel, Makodar Bat, Makowil BAT, Mawil FPI Makassar, PD MPI Sulsel, DPC FPI Makassar, DPC FPI Panakukkang, DPC FPI Tallo, DPC FPI Tamalate.

Red: Ams


SHARE THIS

Author:

MARI MEMBANGUN KEBERSAMAAN, BERSAMA KITA BERJUANG

0 Please Share a Your Opinion.:

Diharap Memberi Komentar Yang Sopan & Santun
Terimakasih Atas Partisipasi Mengunjungi Web Kami

Hukum

Kesehatan

»

Serba Serbi