Thursday, September 12, 2019

Cara Memverifikasikan Bahwa Chat Terenkripsi Secara End-to-end


Enkripsi end-to-end

Privasi dan keamanan ada di dalam DNA kami, oleh karena itu kami memiliki enkripsi end-to-end. Ketika terenkripsi secara end-to-end, pesan, foto, video, pesan suara, dokumen, pembaruan status dan panggilan Anda diamankan dari kemungkinan untuk jatuh ke tangan yang salah.
Enkripsi end-to-end WhatsApp memastikan bahwa hanya Anda dan orang yang berkomunikasi dengan Anda sajalah yang dapat membaca apa yang telah dikirim, dan tidak ada orang lain di antara Anda, bahkan WhatsApp. Pesan Anda diamankan dengan kunci, dan hanya penerima dan Anda saja yang memiliki kunci spesial yang diperlukan untuk membuka dan membaca pesan Anda. Untuk keamanan tambahan, setiap pesan yang Anda kirimkan memiliki kunci yang unik. Semua ini berlangsung secara otomatis: Tidak perlu mengaktifkan pengaturan tertentu atau mengatur chat spesial yang rahasia untuk mengamankan pesan Anda.
Penting: Enkripsi end-to-end selalu aktif. Tidak ada cara untuk menonaktifkan enkripsi end-to-end.

Apakah layar "Verifikasi kode keamanan" di layar info kontak?

Setiap chat Anda memiliki kode keamanan yang digunakan untuk memverifikasi bahwa panggilan dan pesan yang Anda kirimkan ke chat tersebut terenkripsi secara end-to-end.
Catatan: Proses verifikasi ini bersifat opsional dan hanya digunakan untuk mengonfirmasikan bahwa pesan yang Anda kirimkan terenkripsi secara end-to-end.
Kode ini dapat ditemukan di layar info kontak, sebagai kode QR dan angka 60 digit. Kode ini bersifat unik bagi setiap chat dan dapat dibandingkan dengan orang-orang yang berada dalam setiap chat untuk memverifikasi bahwa pesan yang Anda kirim ke chat tersebut terenkripsi secara end-to-end. Kode keamanan hanyalah versi terlihat dari kunci spesial yang dibagikan di antara Anda dan kontak Anda - dan jangan khawatir, ini bukanlah kode yang sebenarnya, karena kode tersebut akan selalu tetap dirahasiakan.

Untuk memverifikasikan bahwa chat terenkripsi secara end-to-end

  1. Buka chat tersebut.
  2. Ketuk pada nama kontak untuk membuka layar info kontak.
  3. Ketuk Enkripsi untuk melihat kode QR dan nomor 60 digit.
Jika Anda dan kontak ada berada dalam jarak dekat secara fisik, salah satu dari Anda dapat memindai kode QR atau secara visual membandingkan nomor 60 digit. Jika Anda memindai kode QR, dan kode tersebut sama, tanda centang hijau akan ditampilkan. Karena cocok, Anda dapat yakin bahwa tidak ada seorang pun yang dapat menyadap pesan atau panggilan Anda.
Jika kode tidak cocok, kemungkinan karena Anda memindai kode kontak lain, atau nomor telepon lain. Jika kontak Anda baru saja memasang ulang WhatsApp atau mengganti telepon, kami merekomendasikan Anda untuk memperbarui kode dengan mengirim pesan kepada mereka dan kemudian memindai kode tersebut.
Pelajari selengkapnya mengenai perubahan kode keamanan di artikel ini.
Jika Anda dan kontak Anda tidak berada dalam jarak dekat secara fisik, Anda dapat mengirim nomor 60 digit tersebut. Beri tahukan kontak Anda bahwa saat mereka menerima kode, mereka harus mencatatnya untuk kemudian secara visual membandingkannya ke nomor 60 digit yang ditampilkan di layar info kontak di bawah Enkripsi. Untuk Android, iPhone, dan Windows Phone, Anda dapat menggunakan tombol Berbagi dari layar Verifikasi Kode Keamanan untuk mengirim nomor 60 digit tersebut via SMS, email, dll.

Apakah pesan dan panggilan saya dengan bisnis terenkripsi secara end-to-end?

Semua pesan dan panggilan WhatsApp diamankan dengan enkripsi end-to-end. Akan tetapi, penting untuk diingat bahwa ketika Anda menghubungi bisnis, beberapa orang di bisnis tersebut mungkin melihat pesan Anda. Bisnis mungkin mempekerjakan perusahaan lain untuk mengelola komunikasinya - sebagai contoh, untuk menyimpan, membaca, atau merespons pesan Anda.
Bisnis yang sedang berkomunikasi dengan Anda memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa perusahaan tersebut menangani pesan Anda sesuai dengan kebijakan privasinya. Untuk informasi selengkapnya, silakan hubungi bisnis bersangkutan secara langsung. Pelajari selengkapnya mengenai enkripsi end-to-end untuk perpesanan bisnis di artikel ini.

Mengapa WhatsApp menawarkan enkripsi end-to-end dan apa artinya dalam menjaga keamanan orang-orang?

Keamanan sangat berarti bagi layanan yang WhatsApp sediakan. Kami menyelesaikan implementasi enkripsi end-to-end di tahun 2016 untuk semua pesan dan panggilan pada WhatsApp sehingga tidak ada seorang pun, bahkan kami, yang memiliki akses ke isi percakapan Anda. Sejak saat itu, keamanan digital menjadi semakin penting. Kami telah melihat banyak contoh kejadian di mana hackers kriminal secara ilegal mendapatkan banyak data pribadi dan menyalahgunakan teknologi untuk melukai orang-orang dengan informasi curian tersebut. Sehingga sejalan dengan kami memperkenalkan lebih banyak fitur - seperti misalnya Panggilan Video dan Status - kami juga melanjutkan implementasi enkripsi end-to-end ke fitur-fitur tersebut.
WhatsApp tidak memiliki kemampuan untuk melihat isi pesan atau untuk mendengarkan panggilan pada WhatsApp. Hal ini karena proses enkripsi dan dekripsi pesan yang dikirim melalui WhatsApp terjadi sepenuhnya pada perangkat Anda. Sebelum pesan meninggalkan perangkat Anda, pesan ini diamankan dengan kunci kriptografi, dan hanya penerima pesan saja yang membuka kuncinya. Sebagai tambahan, kunci tersebut diganti setiap kali pesan dikirim. Sementara semua ini berjalan di belakang layar, Anda dapat mengonfirmasikan bahwa percakapan Anda dilindungi dengan memeriksa verifikasi kode keamanan di perangkat Anda. Dapatkan informasi selengkapnya mengenai cara kerja enkripsi end-to-end di white paper kami.
Tentunya, orang-orang banyak bertanya mengenai apa artinya enkripsi end-to-end bagi pekerjaan penegak hukum. WhatsApp menghargai kerja agen penegak hukum untuk melindungi keamanan orang-orang di seluruh dunia. Kami secara seksama meninjau, mengesahkan, dan merespons permintaan penegak hukum berdasarkan kebijakan dan hukum yang berlaku, dan kami memprioritaskan respons pada permintaan darurat. Sebagai bagian dari upaya edukasi, kami menerbitkan informasi bagi penegak hukum mengenai informasi terbatas yang kami kumpulkan dan bagaimana cara mengajukan permintaan ke WhatsApp, yang dapat Anda baca di sini.
Untuk mempelajari selengkapnya mengenai keamanan Anda di WhatsApp, silakan kunjungi Keamanan WhatsApp.
Red:

SHARE THIS

Author:

MARI MEMBANGUN KEBERSAMAAN, BERSAMA KITA BERJUANG

0 Please Share a Your Opinion.:

Diharap Memberi Komentar Yang Sopan & Santun
Terimakasih Atas Partisipasi Mengunjungi Web Kami

Hukum

Kesehatan

»

Serba Serbi