Tuesday, August 27, 2019

Usaha FPI Untuk Pulangkan Habib Rizieq Shihab



Pulangkan Habib Rizieq

HarapanRakyat-Merespons pernyataan Rizieq Shihab yang mengaku dicekal oleh Pemerintah sehingga tidak bisa pulang ke tanah air, Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman mengatakan pihaknya terus membangun komunikasi dan menemui sejumlah pihak, yang bisa memberikan kontribusi terhadap pemulangan Habib Rizieq Shihab ke Indonesia.

“Sudah menemui beberapa pihak, pihak yang kami anggap punya kontribusi dalam masalah ini,” kata Munarman, Senin, (26/08/2019).

Saat ditanya apakah Habib Rizieq akan pulang ke Tanah Air dalam waktu dekat, Munarman tidak bisa memastikan.  Namun ia optimis bahwa Habib Rizieq suatu saat pasti akan kembali ke Indonesia.

Diketahu, sebelum meninggalkan Indonesia Rizieq dilaporkan dan dijerat dua kasus yaitu dugaan penistaan Pancasila yang ditangani Polda Jabar, dan dugaan chat mesum antara Rizieq bersama Firza Husein yang ditangani Mabes Polri, akan tetapi dalam Hijrahnya ke Arab Saudi, Rizieq diketahui telah melampaui izin masa tinggal atau overstay di Tanah Suci sejak 21 Juli 2018. Ia pun resmi dicekal pemerintah setempat yang penyebanya simpang siur.

Munarman menjelaskan jika saat ini pihaknya berpegangan pada konstitusi dan hukum saja. Sebab kata dia, tidak boleh seseorang, apalagi Warga Negara Indonesia (WNI) dihalangi keluar dan masuk negara sendiri tanpa alasan hukum yang jelas. 

Hal yang menimpa Rizieq merupakan kasus di luar aturan hukum. bila diluar aturan hukum maka tentu alasan alasan non yuridis yang mendominasi. Dan bila sudah alasan non yuridis, tentu pihak-pihak yang punya kuasa lah yang berada diatas hukum yang mengendalikan.  Dirinya pun menilai, jika alasan pemerintah mencekal Rizieq karena permasalahan overstay, itu merupakan alasan yang basi.

"Kalau alasan politis atau alasan diluar hukum, itu berlaku untuk warga negara lain yang masuk ke Indonesia, karena memang dalam hukum internasional warga negara asing yang tidak disukai boleh ditolak masuk ke negara tersebut, Kalau WNI hanya boleh di cegah keluar negeri dengan alasan hukum" kata dia di lansir Tirto.id Minggu (25/8/2019). 

Selain itu, Juru Bicara FPI, Slamet Ma'arif mengatakan, pernyataan HRS yang dicekal oleh Pemerintah Arab Saudi karena ada intervensi dari pemerintah Indonesia memang sudah diduga sejak lama oleh pihaknya. 

"Udah diduga sejak lama," katanya

Jika memang benar pemerintah Indonesia melakukan negosiasi kepada pemerintah Arab Saudi agar Rizieq tak bisa pulang ke tanah air, maka Ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212 itu pun meminta kepada pemerintah agar tidak boleh ada satu warga negara Indonesia manapun dan siapapun yang dilanggar Hak Asasi Manusia (HAM) nya. 

Mereka FPI hanya ingin memulangkan HRS segera sesegerta mungkin. Slamet juga membantah jika Rizieq dicekal karena overstay tinggal di Arab Saudi. 

"Karena dicekal makanya overstay, bukan overstay baru di cekal," pungkasnya.


Red: Ams

merespons pernyataan Rizieq Shihab yang mengaku dicekal oleh Pemerintah sehingga tidak bisa pulang ke tanah air. Juru Bicara FPI, Munarman menjelaskan jika saat ini pihaknya berpegangan pada konstitusi dan hukum saja. Sebab kata dia, tidak boleh seseorang, apalagi Warga Negara Indonesia (WNI) dihalangi keluar dan masuk negara sendiri tanpa alasan hukum yang jelas. "Kalau alasan politis atau alasan diluar hukum, itu berlaku untuk warga negara lain yang masuk ke Indonesia, karena memang dalam hukum internasional warga negara asing yang tidak disukai boleh ditolak masuk ke negara tersebut," kata dia kepada Tirto, Minggu (25/8/2019). "Kalau WNI hanya boleh di cegah keluar negeri dengan alasan hukum," tambahnya. Munarman menuturkan, hal yang menimpa Rizieq merupakan kasus di luar aturan hukum. "Nah bila diluar aturan hukum maka tentu alasan alasan non yuridis yang mendominasi. Dan bila sudah alasan non yuridis, tentu pihak-pihak yang punya kuasa lah yang berada diatas hukum yang mengendalikan," terangnya. Dirinya pun menilai, jika alasan pemerintah mencekal Rizieq karena permasalahan overstay, itu merupakan alasan yang basi.

Baca selengkapnya di artikel "Respons FPI Soal Pernyataan Rizieq Shihab yang Mengaku Dicekal", https://tirto.id/egZ9

SHARE THIS

Author:

MARI MEMBANGUN KEBERSAMAAN, BERSAMA KITA BERJUANG

0 Please Share a Your Opinion.:

Diharap Memberi Komentar Yang Sopan & Santun
Terimakasih Atas Partisipasi Mengunjungi Web Kami

Hukum

Kesehatan

»

Serba Serbi