Thursday, February 07, 2019

Refleksi MILAD 72 Tahun HMI : Harapan Masyarakat Indonesia


Oleh : Sri Rahayu Natrida M,  S.E
Kader Hmi / Ketua Bidang Perempuan dan Perlindungan Anak DPD Partai Berkarya Kab. Gowa

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dilahirkan pada tanggal 5 Februari 1947 di Yogyakarta yang di prakarsai oleh Lafran Pane. Kelahirannya didorong oleh kondisi bangsa yang masih dalam ancaman kolonialis Belanda dan rongrongan komunis, serta ummat Islam yang terbelakang. Sejak kelahirannya HMI sangat proaktif terlibat dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dan penumpasan pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI). Pergerakan HMI berlandaskan pada semangat ke-Islaman dan Kebangsaan. Hal ini menjadi doktrin HMI yang dirumuskan dalam Nilai-nilai Dasar Perjuangan (NDP) sebagai ideologi pergerakan HMI. NDP seharusnya tidak hanya sebatas tekstual teori yang hanya eksis pada ranah ide/konsep akan tetapi  dituntut untuk melakukan penafsiran kontekstual demi pembumian konsep itu pada ranah aplikasi nilai sebagai jawaban atas tuntutan jaman yang kemudian merupakan substansi  formulasi dari iman, ilmu dan amal sebagai spirit dan paradigma kader HMI dalam melakukan aktifitas dan menjadi ruh tiap kadernya untuk mewujudkan tujuan HMI dan memegang peran strategis  sebagai mesin penggerak lokomotif perubahan progresif  masyarakat.
Dalam Usianya ke 72 tahun dan terbilang amat tua untuk ukuran seorang manusia Sejumlah permasalahan terus menggerogoti, menurunnya jumlah mahasiswa yang tertarik pada HMI, kurang aktifnya komisariat sebagai ujung tombak tumbuh kembangnya perkaderan, dan  meredupnya tradisi Intelektual di Hmi.  Di usia 72 tahun pada 2019 ini, kader HMI harus semakin berani melakukan gerakan dan membawa semangat baru sebagai langkah strategis untuk mengatasi berbagai problematika yang sedang menggerogoti dalam tubuhnya sendiri dengan tetap menjaga tradisi intelektual dan menjadi basis gerakan pada era milenial.
HMI sebagai lokomotif gerakan mahasiswa intelektual tercerahkan harus  tampil percaya diri memberikan  keyakinan kepada masyarakat  dengan memberi sumbangsih pemikiran intelektual disertai gerakan sosial, HMI memiliki tanggung jawab besar di negeri ini agar tetap menjadi Harapan Masyarakat Indonesia  yang selaras dengan tantangan zaman. Selamat milad, Himpunan Mahasiswa Islam.

SHARE THIS

Author:

MARI MEMBANGUN KEBERSAMAAN, BERSAMA KITA BERJUANG

0 Please Share a Your Opinion.:

Diharap Memberi Komentar Yang Sopan & Santun
Terimakasih Atas Partisipasi Mengunjungi Web Kami

Hukum

Kesehatan

»

Serba Serbi